Mohon tunggu...
Noverita Hapsari
Noverita Hapsari Mohon Tunggu... Fun and Fine

Seorang Kompasioner

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Pandemi Covid-19, dari Cobaan Jadi Godaan

15 Mei 2021   21:19 Diperbarui: 16 Mei 2021   19:41 411 22 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Covid-19, dari Cobaan Jadi Godaan
ilustrasi: Pemudik menggunakan sepeda motor terjebak kemacetan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). Petugas gabungan memutar balikan ribuan pemudik yang melintasi pos penyekatan perbatasan Bekasi -Karawang, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A via kompas.com)

Walau masih dalam suasana berlebaran nan berlimpah kegembiraan sekaligus keharuan, namun para insan yang merayakannya terus diingatkan agar tetap selalu dalam kondisi mawas diri (aware).

Karena, ketika di dalam kesucian Idul Fitri ini segala jenis noda dosa dapat dimohonkan seketika supaya dibasuh bersih, namun tidak otomatis berlaku untuk cobaan pandemi COVID-19, yang belum juga ditakdirkan diangkat dari permukaan bumi kita hingga saat ini.

Sejatinya memang benar umat Islam baru saja usai melawan hawa nafsu dalam dirinya sendiri selama melaksanakan ibadah puasa yang telah lalu, tetapi umat manusia masih terus dalam suasana berperang melawan Covid 19 - sang musuh yang tak tampak ini.

Sejak dua tahun lalu nyaris semua media sosial dan media masa, kabar dan ulasan bertopik makhluk nanometer bernama Covid 19 plus perkembangan vaksinasinya, terus meruah tanpa henti. 

Salah satu makhluk nanometer ciptaanNya yang bernama Covid 19 ini ditengarai berasal dari Wuhan (Cina), yang penyebarannya dalam sekejap mampu meluluhlantakkan hampir semua sendi kehidupan manusia. 

Kita masih ingat ketika kejadian pertamanya ditemukan, begitu menggemparkan, sekaligus menakutkan, mencengkeram seluruh keberanian manusia. 

Seakan film horor, ataupun zombie yang berkeliaran di jalan, orang-orang begitu takut berdekatan dengan sesamanya sendiri. Pandemi yang dimulai semenjak sekitar Tahun Baru Cina 2000 itu menjadi cobaan bagi semua bangsa yang terbuka sistem ekonomi dan sosialnya  di dunia ini, tanpa memandang ras dan agama. 

Perekonomian global merosot tanpa tahu pasti batasannya - yang secara sederhana diilustrasikan berupa kurva PPC/ PPF yang terkontraksi (gambar 1).

Mewujudkan karakter pandemi ini sebagai The Black Swan, yakni peristiwa langka yang memiliki dampak luar biasa dahsyat, tanpa diperkirakan sebelumnya. Akibatnya, total jumlah barang jasa yang seharusnya dapat diproduksi mengalami penurunan hampir di seluruh negara.

PPC moves inward Gambar 1. PPF/ PPC yang terkontraksi. (Sumber)
PPC moves inward Gambar 1. PPF/ PPC yang terkontraksi. (Sumber)

Cobaan, cobaan..

Manusia bersahut-sahutan dalam segala bentuk komunikasinya, baik secara privat langsung kepada penciptaNya dengan berlomba memohon agar pandemi segera diangkat dari permukaan bumi ini (Amin), ataupun sekadar mencurahkan kegelisahan kepada karib kerabatnya, secara lisan/ tulisan, meratapi dan menangisi cobaan berbentuk penyakit menular ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x