Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Kuliah, Pilih Ikut Organisasi Kampus atau Magang?

1 Maret 2023   18:38 Diperbarui: 1 Maret 2023   18:42 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sudah memulai kuliah sebagai mahasiswa baru? Tentunya sangat menyenangkan menjalani masa-masa ini dengan banyak pengalaman dan pertemanan baru. Tidak ketinggalan juga berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang menarik untuk diikuti. Namun, di tengah banyaknya pilihan kegiatan, ada dua opsi yang seringkali membuat kebingungan: bergabung dengan organisasi kampus atau mengikuti program magang

Meski keduanya menarik dan pastinya dapat membantu pengembangan diri, namun memilih antara keduanya bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas secara lebih mendalam mengenai opsi tersebut. Jadi, yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Sama-sama memberikan kesempatan untuk belajar

Tak dapat dipungkiri bahwa sebagai mahasiswa baru, kamu mungkin pernah mendengar perdebatan mengenai mana yang lebih penting: bergabung dengan organisasi atau mengikuti program magang. Ini bisa menjadi dilema bagi mahasiswa baru yang tidak yakin di mana harus memfokuskan usaha mereka selain dari menghadiri kelas. 

Namun, baik organisasi maupun magang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan meningkatkan keterampilan lunak mereka di luar kelas. Sebelum memutuskan yang mana yang akan difokuskan, penting untuk mempertimbangkan tujuan dan manfaat keduanya. 

Organisasi menawarkan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan seperti komunikasi, jaringan, manajemen waktu, kepemimpinan, dan lain-lain. Magang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dunia nyata, memahami kenyataan dan mekanisme suatu profesi, serta menentukan rencana karir di masa depan. 

Eva dan dilema sebagai mahasiswi baru

Eva, mahasiswi baru yang ambisius, sedang dihadapkan pada dilema yang umum terjadi di kalangan mahasiswa, yaitu bergabung dengan organisasi kampus atau mengikuti program magang. Sebagai mahasiswa baru, dia merasa kesulitan untuk memutuskan di mana seharusnya ia fokus selain menghadiri kelas-kelas kuliahnya.

Di satu sisi, bergabung dengan organisasi kampus memberikan kesempatan bagi Eva untuk belajar dan mengembangkan soft skill-nya di luar kelas, seperti kemampuan berkomunikasi, jaringan pertemanan, manajemen waktu, kepemimpinan, dan lain sebagainya. Di sisi lain, program magang menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dunia nyata, memahami realitas dan mekanisme suatu profesi, dan menentukan rencana karir ke depan.

Namun, Eva tidak perlu khawatir dalam memilih antara organisasi atau magang. Keduanya sama-sama penting dalam membantu mengembangkan dirinya dan mencapai tujuan karirnya. Sebelum memutuskan, Eva perlu mempertimbangkan dengan matang keuntungan dan manfaat dari keduanya. Dengan mengetahui keuntungan yang ditawarkan oleh organisasi dan magang, Eva dapat memilih dengan tepat dan merencanakan masa depannya dengan baik.

Ikut organisasi: pertimbangkan skala lingkup organisasi

Menghadapi pilihan antara bergabung dengan organisasi kampus atau magang memang bukanlah hal yang mudah. Keduanya memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Namun, apabila kita memahami dengan baik apa yang kita harapkan dari pengalaman tersebut, maka kita dapat membuat keputusan yang tepat.

Bergabung dengan organisasi kampus merupakan pilihan yang baik untuk memperluas jaringan sosial dan pengembangan diri. Dalam organisasi kampus, kita dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat dan tujuan yang sama. Hal ini akan memudahkan kita dalam membangun hubungan yang baik dan meningkatkan kemampuan interpersonal. 

Selain itu, organisasi kampus juga dapat memberikan pengalaman dalam mengelola kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan manajemen. Pengalaman-pengalaman seperti ini dapat sangat berguna bagi karier dan kehidupan kita di masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun