Mohon tunggu...
Isnan Shaffan
Isnan Shaffan Mohon Tunggu... YaGunnersYa

Mahasiswa Universitas PGRI Semarang | KKN Desa Petir 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN UPGRIS Melakukan Pembuatan dan Pemasangan Informasi Petunjuk Jalan di Desa Petir

10 Februari 2021   10:59 Diperbarui: 10 Februari 2021   20:55 106 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UPGRIS Melakukan Pembuatan dan Pemasangan Informasi Petunjuk Jalan di Desa Petir
Pembuatan dan pemasangan papan petunjuk jalan Desa Petir 4/2/2021 (dokpri)

BANJARNEGARA - Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang melakukan pemasangan petunjuk jalan di Desa Petir, Purwanegara, Banjarnegara pada Kamis, 4 Februari 2021.

Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja di bidang lingkungan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UPGRIS yang melaksanakan tugasnya di Desa Petir. Program kerja ini awalnya merupakan inisiasi yang diberikan oleh ketua RT 06 RW 03, yaitu Bapak Wajim yang menginginkan adanya papan informasi petunjuk jalan.

Masukan tersebut lantas langsung diterima oleh mahasiswa KKN dan dimasukan ke dalam program kerja untuk membuat papan informasi petunjuk jalan tersebut.

Menurut penuturan Bapak Wajim, sebelumnya banyak terjadi kejadian orang dari luar daerah tersasar atau kehilangan arah ketika hendak menuju salah satu dusun di Desa Petir.

Desa Petir merupakan salah satu desa di Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasinya berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat kota Banjarnegara. Posisi Desa Petir berada di daerah paling selatan di Banjarnegara.

Topografi Desa Petir sebagian besar daerah perbukitan yang merupakan rangkaian bagian Pegunungan Serayu Selatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen.

Kondisi jalan yang berada di Desa Petir sebagian besar dalam kondisi rusak apalagi jalan utama menuju pusat desa sangat perlu untuk diperbaiki

Melihat kondisi jalan yang memang kurang memadai tersebut, dan kurangnya informasi petunjuk jalan membuat orang awam yang baru pernah mengunjungi Desa Petir pasti akan kebingungan arah mana yang harus dituju dikarenakan banyak persimpangan jalan yang tidak ada informasi petunjuk jalannya.

Adapun beberapa daerah yang sering dikunjungi namun minim petunjuk jalannya antara lain, Kayubima, Siranti, Krinjing, dan Situkung.

Pembuatan dan pemasangan papan petunjuk jalan Desa Petir 3/2/2021 (dokpri)
Pembuatan dan pemasangan papan petunjuk jalan Desa Petir 3/2/2021 (dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN