Mohon tunggu...
Isna A
Isna A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Islam dengan Ideologi Pancasila

25 September 2022   09:15 Diperbarui: 25 September 2022   09:23 63 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hubungan Islam dengan Ideologi Pancasila


Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai keanekaragaman, salah satunya dalam hal beragama. Di Indonesia  terdapat berbagai macam agama yang dianut oleh seluruh masyarakatnya.

Salah satunya adalah agama islam, selain itu mayoritas penduduk di Indonesia beragama islam. Islam dalam bahasa Arab berasal dari kata aslama-yuslimu-islaman yang memiliki arti tunduk, patuh, taat kepada Allah. Sedangkan jika dilihat dari katanya islam berasal dari kata assalmu, aslama, istaslama, saliim, dan salaam. Masing-masing kata tersebut memiliki arti sebagai berikut:

* Assalmu artinya damai, perdamaian. Maksudnya, Islam adalah agama yang damai dan setiap muslim hendaknya menjaga perdamaian.
* Aslama artinya taat, berserah diri. Maksudnya seorang muslim hendaknya berserah diri pada Allah dan mengikuti ajaran Islam dengan taat.
* Istaslama artinya berserah diri.
* Saliim artinya bersih dan suci. Maksud dari kata ini merupakan gambaran dari hati seorang muslim yang bersih, suci, jauh dari sifat syirik atau menyekutukan Allah.
* Salaam artinya selamat, keselamatan. Islam adalah agama yang penuh keselamatan. Jika seorang muslim menjalankan ajaran Islam dengan baik, maka Allah akan menyelamatkannya baik di dunia maupun akhirat.

Inti dari ajaran agama islam ini adalah bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Orang yang beragama islam pasti dirinya telah pasrah, tunduk, dan patuh kepada Allah. Maksud pasrah, tunduk, dan patuh kepada Allah disini adalah kita sebagai orang islam harus taat kepada Allah dengan menjalankan semua apa yang telah diperintahkan serta menjauhi semua apa yang dilarang. 

Orang yang beragama islam sering disebut dengan orang muslim, yang menunjukkan bahwa dia adalah hamba allah yang patuh kepada-Nya dengan cara menaati semua yang telah diperintahkan-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

Sedangkan Ideologi Pancasila, Ideologi berasal dari 2 kata yang di ambil bahasa Yunani yaitu idea dan logos, idea memiliki arti ide, gagasan, buah pikir, atau konsep. Sedangkan logos berarti pemikiran. Dapat disimpulkan makna dari Ideologi adalah ide atau keyakinan yang menentukan cara pandang seseorang untuk mencapai tujuan berdasarkan pengetahuan. 

Sementara itu, Pancasila berasal dari 2 kata yang diambil dari bahasa sansekerta yaitu panca yang memiliki arti lima dan sila yang memiliki arti prinsip atau asas. 

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Ideologi Pancasila merupakan sekumpulan nilai-nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila yang terdapat dalam Pancasila.

 Kelima sila yang terdapat dalam Pancasila yaitu :

1. Ketahanan Yang Maha Esa, yang memiliki makna bahwa bangsa Indonesia memiliki kebebasan untuk menganut agama dan menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing.
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, yang memiliki makna bahwa setiap manusia saling membutuhkan dan harus bersatu supaya bisa menjadi satu sistem yang kuat. Dan mengakui serta memperlakukan setiap orang dengan adil setara dengan hak dan asasi manusia.
3. Persatuan Indonesia, yang memiliki makna bahwa sebagai bangsa yang besar yang memiliki berbagai macam suku, budaya, ras, bahasa dan sebagainya. Kita harus menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan itu agar tetap bersatu.
4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, yang memiliki makna bahwa sebagai negara yang menganut demokrasi maka dalam memutuskan suatu keputusan harus dengan musyawarah untuk mencapai mufakat.
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, yang memiliki makna bahwa keadilan sosial merupakan keadilan yang berlaku dalam masyarakat di segala bidang kehidupan baik material maupun spiritual.
             

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan