Mohon tunggu...
Dicky Saputra
Dicky Saputra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Talks about worklife and business. Visit my other blog: scmguide.com

-

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Perubahan Hidup dan Kaitannya dengan Hubungan Sosial

6 April 2024   08:44 Diperbarui: 6 April 2024   08:47 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suka atau tidak suka, perubahan pasti terjadi dan menuntut kita beradaptasi (Markus Spiske/Unsplash)

Dalam perjalanan kehidupan kita, seringkali kita mengalami perubahan yang signifikan dalam prioritas hidup dan karier. Perubahan ini bisa mempengaruhi banyak aspek, termasuk hubungan sosial kita.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah: apakah kita sebaiknya tetap bersama teman-teman lama atau mencari teman baru yang lebih sesuai dengan prioritas baru kita?

Akan sangat menarik untuk menggali lebih dalam tentang dinamika hubungan sosial dalam menghadapi perubahan prioritas hidup. Karena itu, ayo kita bahas lebih lanjut.

Seleksi Alami dalam Lingkaran Sosial

Seleksi alami dalam lingkaran sosial adalah proses alami di mana hubungan sosial seseorang secara bertahap berubah seiring waktu, terutama ketika terjadi perubahan dalam prioritas hidup atau karier.

Ketika seseorang mengalami perubahan dalam kehidupan mereka, seperti mengejar tujuan baru, memulai karier baru, atau mengembangkan minat yang berbeda, dinamika hubungan sosial mereka pun berubah.


Teman-teman yang punya kesamaan nilai, minat, dan prioritas cenderung bertahan dalam lingkaran sosial seseorang. Mereka mungkin lebih mudah untuk saling mendukung dan memahami satu sama lain karena punya landasan yang sama.

Hubungan yang didasarkan pada kesamaan ini seringkali lebih mudah untuk dipertahankan dan berkembang seiring waktu. Misalnya, kalau seseorang memulai bisnis baru, teman-teman yang juga punya semangat kewirausahaan mungkin akan tetap bersama dan bahkan memberikan dukungan aktif.

Tapi, seleksi alami juga berarti kalau beberapa teman mungkin merasa tersingkir karena perbedaan prioritas atau ketidakcocokan dalam gaya hidup.

Ketika seseorang mulai mengejar tujuan baru atau mengalami perubahan signifikan dalam hidup mereka, itu bisa menghasilkan pergeseran dalam dinamika hubungan. Teman yang tidak lagi sejalan dengan arah baru kehidupan seseorang mungkin merasa terpinggirkan atau tidak relevan lagi dalam kehidupan mereka.

Meskipun sulit, ini adalah bagian alami dari pertumbuhan pribadi dan perjalanan hidup kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun