Pada era digital seperti saat ini memang akan lebih tepat jika para pelaku UMKM sudah mulai menggunakan media digital marketing dalam melakukan promosi, hal ini perlu dilakukan agar para pelaku UMKM mampu bertahan di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.Â
Kegiatan KKN ini dilakukan di Kelurahan Cilincing Jakarta Utara dan ada beberapa permasalahan dalam kelurahan tersebut diantaranya sebagian besar pelaku UMKM di daerah tersebut belum memahami mengenai cara melakukan digital marketing, mereka cenderung hanya berjualan secara langsung saja / masih secara konvensional sehingga jumlah konsumen dan profit yang didapatkan tidak maksimal.
Maka dari itu, kelompok 7 KKN Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta mengadakan sosialisasi dan edukasi mengenai e-marketplace untuk UMKM pada tanggal 17 Juli 2022 dengan narasumber bapak Muhammad Ulul Albab, M.A selaku dosen UTA'45 Jakarta.Â
Peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini berjumlah 21 orang yang terdiri dari stakeholder seperti perwakilan RW 02, ibu-ibu PKK, dan masyarakat sekitar.Â
Kegiatan yang dilakukan memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat RW 02 Kelurahan Cilincing. Para peserta sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pelatihan.Â
Para pelaku UMKM didampingi oleh mahasiswa KKN UTA'45 Jakarta dalam pelatihan membuat akun untuk berjualan online dengan menggunakan media sosial whatsapp business dan facebook. Para peserta membawa masing-masing produk yang akan mereka jual dan kemudian langsung mengupload foto produk tersebut di akun yang sudah mereka buat sehingga produk mereka sudah siap dijual secara online.
Tujuan dari kegiatan ini adalah agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan e-marketplace untuk menunjang pemasaran produk mereka serta memperluas jangkauan target pasar melalui digital marketing.Â
Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan metode sosialisasi, dan praktek dengan memberikan pelatihan dan pemahaman yang bersifat mengedukasi masyarakat dalam hal implementasi digital marketing untuk mengembangkan usaha.Â
Adapun media digital digunakan dalam sosialisasi untuk pelaku UMKM ini adalah menggunakan media sosial whatsapp business dan facebook karena mudah digunakan.Â
Setelah mengikuti pelatihan ini, pengetahuan dan pemahaman peserta dalam memanfaatkan whatsapp business dan facebook sebagai media promosi semakin baik. Selain itu, keterampilan peserta dalam memanfaatkan media sosial facebook sebagai media promosi menjadi semakin maksimal.Â
Peserta KKN juga memberikan kuisioner pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat pemahaman peserta. Sebelum kegiatan sosialisasi ini dilakukan, sebanyak 75% para peserta belum memahami mengenai cara memanfaatkan e-marketplace dalam berjualan. Namun setelah dilakukan sosialisasi, dalam hasil kuisioner post-test ini membuktikan bahwa hampir 100% peserta sudah memahami mengenai materi yang diberikan.
Transformasi digital pada UMKM ini dapat membuat UMKM kembali mengembangkan usahanya dan dengan demikian, pengembangan UMKM di era digital bisa menjadi salah satu alternatif sektor UMKM agar tetap bereksistensi dan bertahan
Disusun oleh:
Kelompok 7 KKN UTA'45 Jkt tahun 2022