Mohon tunggu...
Isma Nuryani
Isma Nuryani Mohon Tunggu... Guru - Guru sekolah dasar di wilayah kabupaten Cilacap

Seorang guru sekaligus Ibu dari dua anak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Visi Guru Penggerak

5 Desember 2022   21:06 Diperbarui: 5 Desember 2022   21:13 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL DWI MINGGUAN

MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

(ISMA NURYANI)

Setelah saya belajar tentang Filosofi KHD pada Modul 1.1 saya merasa tertampar dengan salah satu pemikiran beliau. KHD mengatakan bahwa pendidikan adalah menuntun kodrat anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan. Hal ini sesuai dengan nilai guru penggerak yang terdapat pada modul 1.2. Salah satu dari nilai guru penggerak adalah berpihak pada murid. Dan di modul 1.3 muncul impian saya untuk mewujudkan murid yang sukses untuk keselamatan dan kebahagiaan mereka.

Pada pembelajaran modul 1.1 saya kagum dengan berbagai filosofi dan pemikiran KHD. Pemikiran luar biasa yang membuat saya sadar akan posisi saya. Kemudian saya merasa tertarik dan senang pada modul 1.2 dengan nilai guru penggerak dan perannya. Hal ini membuat saya ingin terus belajar untuk meningkatkan kompetensi saya sebagai pendidik. Pada modul 1.3 saya merasa optimis dengan membuat visi diri bahwa saya yakin mampu untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

Banyak pengalaman yang saya dapatkan dari pembelajaran modul 1.1 sampai 1.3 ini. Pada modul 1.1 pikiran saya tergerak untuk menghadapi perubahan menuju arah yang lebih baik. Kemudian saya pun bergerak untuk mempelajari modul 1.2 terkait nilai dan peran guru penggerak. Saya berusaha untuk menggali dan meningkatkan nilai guru penggerak yang ada pada diri saya. Dan pada modul 1.3 saya mulai bergerak dengan membuat visi pada diri untuk mencapai profil pelajar pancasila pada murid.

Untuk ke depannya saya akan memberikan pendidikan yang menuntun kodrat anak, yang berpihak pada murid dengan melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik lagi untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Saya berharap dengan modal pengetahuan tentang filosofi dan pemikiran KHD, kemampuan pada nilai dan peran guru penggerak serta memiliki visi yang kuat, saya dapat mewujudkan generasi yang memiliki kualitas yang baik dengan Iman, Taqwa dan Ahlak Mulia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun