Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Ada Sandi Tanpa Prabowo, PKS Kantongi Nama 6 Potensial Capres

21 September 2022   08:01 Diperbarui: 21 September 2022   08:05 297 40 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden PKS Ahmad Saikhu|dok. Istimewa, dimuat detik.com

Tak ada yang ada abadi dalam politik. Itulah yang sekarang terlihat jika mengikuti dinamika yang terjadi pada beberapa partai politik (parpol) di negara kita.

Salah satu contohnya adalah sudah berakhirnya kemesraan antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra.

Pada dua kali pemilihan presiden (pilpres) sebelumnya, yakni pada 2014 dan 2019, PKS menjadi salah satu partai pendukung setia Prabowo.

Ketika Pilpres 2014, Prabowo berpasangan dengan Hatta Rajasa yang merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN), sedangkan pada 2019 Prabowo berpasangan dengan Sandiaga Uno, sesama orang Gerindra.

Seperti diketahui, Prabowo mengalami kekalahan, baik pada 2014 maupun 2019, dari capres yang sama, yakni Joko Widodo.

Tapi, ada juga kolaborasi PKS-Gerindra yang menuai sukses, seperti dalam Pilgub DKI Jakarta pada 2017 lalu, yang mengantarkan Anies Baswedan-Sandiaga Uno menduduki kursi gubernur dan wakil gubernur.

Meskipun begitu, Sandi hanya "numpang lewat" saja di kursi wagub, karena harus melepaskannya agar bisa ikut Pilpres 2019.

Seperti ditulis di atas, Prabowo-Sandi akhirnya takluk dari pasagan Jokowi-Ma'ruf Amin. Sedangkan kursi wagub diserahkan kepada kader Gerindra Ahmad Riza Patria.

Nah, sekarang, dalam rangka menyongsong Pilpres 2024, PKS mengambil langkah berbeda. Prabowo tidak lagi dilirik, meskipun menurut hasil survei, Prabowo punya elektabilitas yang tinggi.

Namun demikian, cukup menarik bahwa PKS menilai Sandiaga Uno sebagai salah satu dari 6 tokoh yang dijagokannya yang berpotensi untuk diusung pada Pilpres 2024.

Dapat ditafsirkan bahwa PKS ingin "menceraikan" Sandi dari Prabowo. Dan memang, Sandi sudah dapat peringatan, karena Gerindra memutuskan mencalonkan Prabowo, tertutup peluang Sandi untuk diusung Gerindra.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan