Mohon tunggu...
Irvan Maulana
Irvan Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Put Right Man on the Right Place

Pemerhati Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Tetap Bisa Meringankan Beban Orangtua di Tanggal Tua

10 Oktober 2021   14:57 Diperbarui: 13 Oktober 2021   08:42 1174 22 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi membantu finansial untuk orangtua.|Sumber: pexels/@Andrea Piacquadio

Siklus kehidupan tentang hubungan orangtua dan anak akan terus berputar. Seorang anak dari mereka kanak-kanak bahkan hingga dewasa secara alamiah membutuhkan dukungan finansial dari orangtua. 

Adakalanya kelak, orangtua kita yang sudah renta dan tak sanggup lagi bergerilya mencari penghidupan akan mengalami kesulitan keuangan. Kebanyakan orangtua tentu saja tak ingin merepotkan anak-anaknya.

Tapi apa yang Anda lakukan ketika orangtua Anda membutuhkan bantuan keuangan, bahkan di saat tanggal tua?

Hampir semua anak ingin meringankan beban keuangan yang dialami oleh orangtua, mengingat begitu besar pengorbanan mereka dalam mendidik dan membesarkan kita. 

Menurut sebuah studi tahun 2019 oleh Transamerica Center for Retirement Studies, 8% dari generasi Gen X (lahir sekitar tahun 1965 hingga tahun 1980) dan 3% generasi boomer (lahir tahun 1946 hingga tahun 1964) mengatakan mendukung orangtua mereka adalah prioritas keuangan mereka saat ini.

Artinya, membantu meringankan keuangan orangtua belum menjadi prioritas generasi muda. Tapi bukan berarti generasi muda tak ingin membantu orangtua, mereka akan ikut meringankan kesulitan orangtua, hanya saja penghasilan yang mereka dapatkan harus dialokasikan dengan beberapa kebutuhan pokok lainnya.

Jadi, jika meringankan beban keuangan orangtua adalah prioritas keuangan bagi Anda saat ini, lakukan pendekatan yang penuh hormat untuk mengetahui sejauh mana kesulitan keuangan orangtua Anda dan apa yang mungkin dapat Anda lakukan untuk membantu.

Ibu dan ayah Anda mungkin tidak menyisihkan uang untuk perawatan jangka panjang, mereka mungkin memiliki utang dan mereka mungkin tidak memiliki tabungan. 

Jangan berharap mereka akan menyebutkan kesulitannya di hadapan Anda, sekuat tenaga mereka tak akan mau membebani anak-anaknya yang sedang meniti karier dan membangun hidup dengan keluarganya, apalagi ketika memasuki tanggal tua.

Biasanya akan terjadi trade off alokasi anggaran rumah tangga di akhir bulan. Untuk meminimalisir trade off, berikut tips sederhana bagi yang ingin membantu keuangan orangtua di tanggal tua tanpa harus menjadi beban berat bagi diri sendiri.

Mengukur Kemampuan Finansial Diri Sendiri

Sebelum membuka komunikasi terkait keuangan dengan orangtua, pikirkan terlebih dahulu tentang kapasitas finansial Anda sendiri. Ketika memasuki tanggal tua, kita harus pintar mengalokasikan belanja bulanan yang bersisa.

Anda dapat bisa membahayakan keuangan Anda sendiri dengan melakukan hal-hal di luar batas kemampuan finansial Anda. Jika Anda mampu membantu mereka, maka Anda harus menetapkan batasan. Susunlah rencana anggran yang win win allocation yang bisa kita gunakan untuk semua kebutuhan dan kebaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan