Mohon tunggu...
Irvando Damanik
Irvando Damanik Mohon Tunggu... Mari hidup Cerdas di era Industry 4.0

mari berbagi sekalipun hanya dari pikiran

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Sudah Siapkah ASN Work From Home?

13 April 2020   16:10 Diperbarui: 13 April 2020   16:03 156 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Siapkah ASN Work From Home?
ilustrasi: www.thejakartapost.com

Work From Home yang disingkat WFH menjadi populer semenjak meluasnya wabah Covid-19 di Indonesia beberapa minggu terakhir. Salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memutus rantai penularan virus korona yaitu di rumah saja (stay at home) memaksa hampir seluruh institusi pemerintahan demikian juga kebanyakan BUMN dan Swasta  memberhentikan sementara aktivitas pekerjaan yang dilakukan di kantor seperti yang dilakukan sehari-hari. 

Seruan ini mengakibatkan seluruh operasional yang berhubungan dengan perkantoran sementara ditiadakan, proses belajar-mengajar di sekolah, universitas dan institusi Pendidikan lainnya juga ditiadakan dan diganti dengan program study from home dan diperkirakan akan berlanjut hingga pandemic Covid-19 dapat diatasi atau minimal menunjukkan perkembangan kearah positif.

Alhasil, banyak komentar muncul dari berbagai kalangan yang ikut terdampak oleh pemberlakuan program stay at home, khususnya kepada kalangan yang masih tetap bekerja walaupun dilakukan secara terpisah dari lokasi kantor dan rekan-rekan satu pekerjaan mereka. Situasi ini juga terjadi kepada para ASN yang harus menjalankan program WFH yang diterapkan oleh masing-masing pimpinan institusi sesuai dengan arahan dan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

(www.bkn.go.id/)
(www.bkn.go.id/)
Terlepas dari suka-duka yang di alami selama kurang lebih 4 minggu menjalani WFH, momen ini merupakan hal yang tepat juga dilakukan sebagai sebuah simulasi untuk menghadapi rencana yang pernah disampaikan oleh pemerintah yaitu bekerja secara online tanpa harus berangkat ke kantor. Rencana yang pernah diangkat oleh pemerintah untuk mengkaji kemungkinan pemberlakuan ASN bekerja dari rumah bisa dievaluasi ke efektivitasannya selama pemberlakuan WFH saat ini. 

Memang ditengah pandemic Covid-19 yang sedang kita hadapi bukanlah waktu yang tepat untuk mengevaluasi kinerja ASN sebagai representasi pemberlakuan ASN work Online, namun sedikit memberikan gambaran bagaimana suasana yang akan terjadi di masa mendatang ketika program tersebut benar-benar akan di-launching.

Pelaksanaan WFH bagi kalangan ASN saat ini dapat memberikan masukan untuk pertimbangan-pertimbangan rencana pemberlakuan bekerja secara online dimasa mendatang. Beberapa permasalahan yang dihadapi menjadi hal penting yang perlu dikaji yang sangat berguna bagi pemerintah khususnya dalam menyiapkan segala sesuatunya terhadap pemberlakuan ASN yang akan bekerja secara online.

Beberapa aspek menjadi perhatian setelah pemberlakuan Work From Home saat ini:

  • Konektivitas

Konektivitas (sambungan internet) menjadi hal yang paling penting dalam pemberlakuan WFH, karena tanpa sarana ini mustahil untuk melakukan komunikasi dari mana saja sehingga jika unsur ini tidak terpenuhi sudah pasti WFH tidak bisa dilakukan. Selain itu kecepatan dalam uplink/downlink data menjadi perhatian khusus untuk mencegah gangguan selama proses pengiriman dan penerimaan data berlangsung. Kemudian harus dipastikan juga bahwa lokasi masing-masing pegawai dipastikan mempunyai sinyal yang kuat.

(lifewire.com)
(lifewire.com)
  • Kesiapan personil pada penggunaan perangkat

Keahlian setiap ASN berbeda dalam hal penggunaan perangkat elektronika seperti Komputer, laptop, gadget, begitu juga dalam hal menyambungkan ke internet, web service, serta penggunaan berbagai aplikasi yang berbasis web-server. Umumnya pegawai yang masih masuk dalam kategori millennial lebih familiar dengan perkembangan teknologi sehingga penggunaan perangkat internet yang berbasis aplikasi akan relatif mudah. Hal yang menjadi perhatian adalah kepada pegawai yang memiliki usia 45 tahun ke atas dan tidak terbiasa dengan penggunaan internet dan aplikasi.

  • Media Rapat (Meeting)

Rapat (meeting) merupakan salah satu hal yang pasti akan terjadi dalam pekerjaan di kantor. Selama pemberlakuan WFH sudah sering dilakukan rapat secara online dengan menggunakan fasilitas yang sering kita dengar seperti Zoom, skype, Google Hangsouts Meet, facemeet, dan lainnya. Sehingga hal ini juga bisa menjadi pertimbangan dalam hal pemilihan media yang tepat digunakan berangkat dari pengalaman selama kurang lebih 1 bulan terakhir apakah sudah siap menggunakan aplikasi atau masih lebih nyaman dengan tatap muka. Selain itu apakah setiap ASN bisa menggunakan dan nyaman selama penggunaan setiap jenis media meeting tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN