Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Pharmacy and Health | Books | Travel | Cultures | Photography | Movies | UTA 45 Jakarta | IG: irmina_gultom | Author of What You Need to Know for Being Pharmacy Student (Elex Media Komputindo, 2021)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Sudah Bulan Desember Nih, Sudah Ngapain Aja Setahun Ini?

1 Desember 2021   21:14 Diperbarui: 1 Desember 2021   21:45 135 16 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kalau sudah masuk bulan Desember seperti sekarang ini, udara mulai dingin karena musim hujan. Bagi yang kerja atau sekolah, kadang mulai nggak konsen karena hawa liburan menerjang. Tanpa terasa sudah mau ganti tahun lagi.

Lalu kadang pikiran saya mulai melayang (mungkin juga pembaca sekalian?) dan bertanya-tanya, saya udah ngapain aja setahun ini?

Pada saat saya menulis artikel ini, pandemi Covid-19 belum juga selesai. Boro-boro selesai, virus dengan jenis mutasi yang baru (Omicron) mulai menghantui kita. Jangan-jangan gelombang ketiga pandemi benar-benar tiba?

Jadi saya meyakini bahwa tahun ini masih menjadi tahun yang berat bagi banyak orang. Kita dipaksa untuk tetap bertahan di tengah segala pembatasan yang ada dan situasi yang serba tidak pasti.

Bertahan untuk tetap berpenghasilan walau mengalami PHK atau pemotongan upah, supaya keluarga tetap bisa makan. Bertahan untuk tetap sehat meskipun dilanda kecemasan apakah kita akan tertular virus SARS-CoV-2, sementara kita juga tidak bisa diam saja di rumah terus-menerus.

Bertahan untuk membatasi mobilitas (baca: jalan-jalan) yang tidak perlu untuk meminimalisir penularan Covid19, padahal refreshing itu penting untuk menjaga kesehatan mental. Bertahan untuk bisa ikhlas dan tetap beriman setelah mengalami banyak kehilangan.

Dan yang jelas, kita masih harus terus bertahan hingga pandemi ini selesai. Sampai kapan? Ya tak tahu..

Meskipun tahun-tahun belakangan ini masih terasa berat dan sulit, sebisa mungkin kita harus tetap (saya pinjam jargon Kompasianival 2021) optimis melangkah.

Bayangkan saja (bila perlu rencanakan) hal-hal yang menyenangkan yang bisa kita lakukan nanti setelah pandemi selesai, supaya kita tetap bersemangat menjalani hari-hari. Mulai darimana?

Apresiasi Pencapaianmu, Sekecil Apapun Itu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan