Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Apoteker - Februari 1996

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Pantai Lampuuk, Pantai Sejuta Kenangan yang Mempesona

26 Oktober 2021   14:42 Diperbarui: 6 November 2021   19:15 257 16 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pantai Lampuuk Aceh. (sumber: pesonaindonesia.kompas.com)

Pantai Sejuta Kenangan. 

Pantai Lampuuk yang terletak di kawasan Aceh Besar ini menyimpan banyak pesona. Pasir putih, air laut biru, dan banyaknya pohon cemara yang rindang memikat siapa saja untuk berkunjung. Tempat ini bisa menjadi penghilang kepenatan seusai bekerja atau saat di akhir pekan.

Saat tsunami melanda Aceh di tahun 2004 silam, pantai ini pernah terpuruk. Bencana besar tersebut merenggut nyawa sebagian besar penduduk yang tinggal di dekat pantai. Trauma dan ketakutan melihat pantai dialami oleh banyak penduduk Aceh kala itu.

Tujuh belas tahun setelah bencana tersebut, pariwisata telah kembali normal kembali. Banyak yang menyebut pantai ini dengan tempat sejuta kenangan karena pernah menjadi saksi bisu dashyatnya gelombang tsunami hingga kini tempat melepas penat.  

Pantai Lampuuk berjarak 20 Km dari Banda Aceh, Ibu Kota provinsi Aceh. Perjalanan menuju pantai ini dapat ditempuh kurang lebih dalam waktu 30 menit dari kota Banda Aceh dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat. 

Wisatawan dapat memesan ojek online untuk bisa sampai ke lokasi atau menggunakan becak.  

Jalan untuk mencapai lokasi ini sudah memadai. Di sepanjang jalan menuju Pantai Lampuuk kita akan disuguhi hamparan sawah yang luas. Selain itu, ada banyak toko oleh-oleh yang menjual makanan khas Aceh. 

Ada juga toko oleh-oleh yang menjual kerajinan tangan dari rotan yang diproduksi langsung oleh penduduk setempat.

Jika ingin menyaksikan dashyatnya gelombang tsunami kita bisa berhenti di masjid Rahmatullah. Mesjid ini terletak tidak jauh dari Pantai Lampuuk dan pernah menjadi saksi tsunami karena kala itu masih berdiri kokoh di tengah bangunan lain yang telah hancur.

Di dalam masjid kita dapat melihat beberapa sudut yang rusak karena tsunami dan dibiarkan seperti itu untuk mengenang bencana di tahun 2004 silam.    

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan