Mohon tunggu...
M. Irham Jauhari
M. Irham Jauhari Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Pendiri Terapifobia.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Setiap Penulis Pasti Punya Idola yang Juga Seorang Penulis

8 Desember 2022   00:42 Diperbarui: 8 Desember 2022   00:53 500
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto oleh Anastasia Shuraeva (pexels.com)

Setiap hari Minggu, pasti ada kolom esai ringan. Tulisan pendek yang membahas hal-hal ringan yang menghibur. 

Biasanya seorang penulis yang sudah terkenal yang menulis. Seperti Samuel Mulia, Rhenald Kasali dan Goenawan Mohamad.

Saya suka membaca tulisan-tulisan seperti itu. Tulisan esai di koran hari Minggu menginspirasi saya. Walaupun tulisan kadang pendek. Entah mengapa tulisan sederhana itu tetap berhasil menghibur saya. Membuat seolah-olah saya juga mengalami apa yang dialami penulis.

Masalah yang kompleks dijelaskan dengan penjelasan simpel yang mudah dimengerti. 

Kadang, ada kata-kata mutiara yang dikutip dari tokoh-tokoh terkenal di dunia. 

Seandainya bisa langganan koran cuma hari Minggu. Saya mungkin akan berlangganan. Karena menurut saya, bacaan paling menarik bagi saya itu pas edisi hari Minggu saja.

Koran edisi hari Minggu biasanya full colour. Dengan tambahan rubrik sastra. Biasanya cerpen.

"Kalau harapan sirna, jangan buru-buru kecewa karena ada saja pengalaman baru, bahkan sebuah pencerahan, yang akan dialami." ~Samuel Mulia

Manusia belajar dari pengalamannya sendiri dan pengalaman orang lain. 

Karena ketika seorang penulis bekerja. Menulis sebuah artikel atau karya lain. Butuh penguasaan diksi, logika dan sudut pandang. Besar kemungkinannya, inspirasi itu berasal dari bacaan yang menginspirasi penulis. Rasanya tidak ada orang yang terinspirasi oleh kamus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun