Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Karyawan Swasta || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

One Day One Juz Selama Bulan Ramadhan

13 April 2021   17:00 Diperbarui: 13 April 2021   17:22 266 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
One Day One Juz Selama Bulan Ramadhan
Foto : islampos.com

Marhaban Ya Ramadhan ... Selamat datang bulan Ramadhan yang penuh suka cita dan seluruh umat muslim merindukan bulan ini untuk beribadah dan beramal sebanyak-banyaknya. 

Bulan ramadhan penuh dengan keistimewaan yang tiada tara dari bulan hijriyah yang lainnya, setiap orang pasti memiliki target atau tujuan masing-masing jika sudah bertemu dengan bulan ini. 

Termasuk aku salah satunya orang yang memiliki keinginan untuk bisa khatam Al-Quran sebelum ramadhan habis, dengan menerapkan tadarus One Day One Juz selama mengisi malam-malam ramadhan.

Kegiatan ini selalu aku maksimalkan setiap bertemu dengan bulan ramadhan, membaca Al-Quran menjadi salah satu aktifitas yang bermanfaat dan sangat bernilai untuk diri kita dan orang yang ada disekitar kita. Mengapa demikian ? Karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: 

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf." 

(HR. Tirmidzi).

Kegiatan ini bisa kita lakukan dengan beberapa trik yang jitu, biasanya tadarus kita lakukan pada saat malam hari setelah selesai melakukan sholat tarawih berjamaah dimesjid dan kita melanjutkan membaca Al-Quran dirumah sendiri atau bersama keluarga. Ada trik yang bagus untuk bisa dengan lecap kita khatam Al-Quran pada bulan ramadhan, sebagai berikut :

"Alquran terdiri dari 30 Juz, satu juz terdiri dari 10 halaman. kita bisa membagi waktu membacanya dengan waktu sholat fardhu dengan dua lembar setiap habis sholat kita laksanakan beserta doa sesudah sholat. Maka, dengan demikian kita bisa membaca Al-quran sesuai dengan harapan dan cita-cita kita One Day One Juz"

Apabila hal itu bisa dilakukan dengan rutin dan berkelanjutan, maka bisa saja One day Two Juz (satu hari dua juz). Hal ini tergantung dari niat dan kemauan kita pribadi, apakah hanya sebatas keinginan saja atau memang niat yang sungguh-sungguh untuk mengkhatamkan Al-Quran pada bulan ramadhanyang suci ini. 

Semakin banyak kita membaca ayat-ayat dalamAl-Quran maka berlipat ganda pula kebaikan yang kita peroleh dari setiap hurufnya, sesuai dengan sabda nabi yang sudah dijelaskan di awal paragraf tadi.

Banyak keutamaan dalam membaca Al-Quran yang kita dapatkan, baik itu untuk diri sendiri maupun orang yang disekitar kita. Karena kita yang membaca mendapat pahala dan orang yang mendengarkan dengan baik juga mendapatkannya juga, itulah kelebihan dalam membaca kitab suci Al-Quran. 

Aku mentargetkan untuk diri ku sendiri bisa melaksanakan kegiatan tadarus ini dengan baik, aku juga berharap kalian juga bisa mempraktekkannya dan bisa dilakukan secara langsung tanpa harus menunda lagi. 

Semoga apa yang ku tulis hari ini bisa bermafaat untuk para pembaca sekalian, terima kasih. Selalu menebarkan kebaikan disetiap keadaan apapun yang kita hadapi, karena Allah selalu Ada untuk orang-orang yang mau berbuat baik kepada sesamanya. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x