Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Lahir 11 Juli 1997 Hobi menulis adalah hobi saya selain membaca dan olahraga merupakan hobi dari saya .

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Nostalgia Ramadhan : Begadang Main PS Sampai Sahur

29 April 2021   01:39 Diperbarui: 29 April 2021   01:52 559 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nostalgia Ramadhan : Begadang Main PS Sampai Sahur
Screenshot : Sumber : Winning Eleven Konami

Bagi kalian terutama anak-anak di era 1990an hingga tahun 2010an pasti kenal banget sama game yang ada di konsol game PlayStation , baik PlayStation 1 , PlayStation 2 hingga PlayStation 3 tentunya memiliki memori tersendiri dalam ingatan dan betapa bahagianya kita semua bisa main game ini .

Baik di rental maupun punya pribadi dan rasanya kenangan tersebut tidak akan pernah dilupakan bahkan hingga kita sudah berkeluarga dan memiliki anak lagi .

Game yang selalu jadi favorit terutama anak laki-laki dan termasuk saya sendiri adalah game sepakbola yang bernama Winning Eleven by Konami .

Game inilah yang membuat anak-anak di era 1990an hingga 2010an memiliki kenangan manis dan legendaris bahkan diyakini tidak bisa dikalahkan oleh game online yang mulai merebak saat ini dengan seiring perkembangan jaman .

Lalu apa hubungannya bulan puasa Ramadhan dengan main game PS atau PlayStation ? Ya , buat kalian yang pernah begadang dari habis selesai sholat tarawih sampai waktu sahur cuma main PS kita samaan dan sama-sama pernah main .

Singkat ceritanya adalah , ketika kita diberi uang jajan oleh orang tua kita baik ibu ataupun ayah biasanya tidak dipakai untuk jajan melainkan untuk main PS di rental misalnya . Saat itu untuk misalnya satu jam kita cukup membayar 2000 atau 2500 rupiah , sangat murah meriah pastinya . Ditambah lagi dengan suasana yang ngantri meskipun disaat bulan puasa Ramadhan dan semua merubah kita saat itu jadi lupa waktu dan tahu-tahu sudah masuk waktu sahur .

Saya pun pernah mengalami hal ini dan itu teringat cerita pada tahun 2005 , pertama kali tahu tentang rental dan game PS . Waktu itu ada PS 1 dan PS 2 , dan gamenya ada Winning Eleven , Harvest Moon , Nascar Rumble , Downhill , MotoGP , GTA SAN Andreas , dan lain sebagainya . 

Waktu itu saya bersama teman saya sebanyak 4 orang mencoba untuk bermain game di PlayStation 1 yang sekaligus menjadi pengalaman pertama bagi saya yang tinggal di kampung di Ambarawa Semarang Jawa Tengah .  Saya pun saat itu mencoba untuk pulang ke rumah , namun karena penasaran sampai akhirnya belum ganti baju dan di rental PS itu saya dan teman-teman saya ini masih pake baju koko atau baju muslim lengkap dengan peci atau kopiah hitam .

Terhitung main di rental sejak jam 8 malam dan kita semua pun patungan dengan main game Winning Eleven , saat itu jagoan yang saya pake adalah Chelsea yang masih jamannya Didier Drogba , Petr Cech , Ricardo Carvalho , sementara teman-teman saya pake tim Liverpool yang eranya masih ada Steven Gerrard , John Arne Riise dan striker Djibril Cisse , Manchester United yang masih diperkuat striker Ruud Van Nistelrooy , Ryan Giggs , Paul Scholes dan Cristiano Ronaldo yang masih muda dan juga Real Madrid yang masih diperkuat oleh Zinedine Zidane , Ivan Helguera dan penjaga gawang Iker Casillas .

Kami waktu itu bermain cup yang dikenal dengan nama Konami Cup dan awalnya hanya dua jam , namun setelah itu masih dirasa belum puas dan nambah dua jam berikutnya hingga inilah yang disebut begadang main game PS atau PlayStation . Meskipun demikian , pada akhirnya waktu terus berjalan dan ternyata waktu saat itu sudah menunjukkan pukul 03.00 WIB atau jam 3 pagi yang dimana memasuki waktu makan sahur .

Sampai akhirnya ketika pulang ke rumah dan saya sama teman-teman lainnya habis dimarahi oleh orang tua , kalo saya sudah diomeli dan setelah itu tidak dapat uang jajan untuk sementara waktu ... Kasihan banget ya ... Tapi saya pun harus menerima itu sebagai hukuman , agar bisa lebih bijak dalam menggunakan waktu dan tidak sampai begadang hanya karena ketagihan main game PS atau PlayStation ini .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN