Mohon tunggu...
Irene Alodia
Irene Alodia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Tim I KKN Undip Dongkrak Branding UMKM: Workshop Pemasaran Souvenir Melalui Instagram

15 Februari 2023   06:45 Diperbarui: 15 Februari 2023   06:55 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada dunia digital ini segala aspek kehidupan masyarakat mengalami perkembangan dengan cepat. Perkembangan tersebut ditandai dengan masuknya teknologi informasi dan komunikasi pada berbagai lini keseharian. Media sosial merupakan contoh nyata dari cepatnya perkembangan digitalisasi tersebut. Kini, media sosial menjadi tempat bersosialisasi baru bagi orang-orang. Produk-produk media sosial sudah banyak bertebaran seperti Instagram, Twitter, facebook, dan lain sebagainya.

Media sosial sendiri merupakan sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Pemanfaatan media sosial telah bergerak ke arah dimana banyak usaha telah merambah media sosial sebagai tempat promosi.

 Atas kondisi ini, Irene Alodia, salah satu mahasiswa KKN UNDIP memutuskan untuk membagikan pengetahuannya terkait pemasaran melalui media sosial pada UMKM di Desa Majakerta. UMKM di Desa Majakerta dipilih karena adanya permasalahan keterbatasan SDM pelaku UMKM, meskipun jumlahnya terus bertambah. 

Dalam penggunaannya, UMKM dapat menggunakan media sosial untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan, memperluas jangkauan bisnis, dan meningkatkan kesadaran merek.

Program kerja yang dibawakan Irene dengan judul "Workshop branding UMKM penjual souvenir Rumah Pernik dengan pemasaran melalui aplikasi sosial media (Instagram)" dilaksanakan pada 18 Januari 2023. Workshop dilakukan dengan menyasar pada UMKM Rumah Pernik. UMKM Rumah Pernik merupakan usaha yang baru ini merintis usahanya dibidang souvenir dan juga kerajinan kayu yang diambil dari berbagai daerah di Indonesia. 

Oleh karena itu media sosial yang paling cocok guna pemasaran adalah Instagram. Instagram menjadi tempat yang populer bagi promosi usaha kerajinan sebab merupakan media berbasis gambar yang memberikan layanan berbagi foto atau video secara online.

Dalam workshop, pemilik Rumah Pernik lebih dulu membuat email khusus bisnis selanjutnya membuat akun Instagram untuk branding produk dan memberikan sosialisasi digital marketing. Setelah melakukan pemaparan singkat tentang penggunaan Instagram sebagai media pemasaran yang efektif, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan dalam kegiatan ini adalah melakukan pembuatan katalog barang dan foto produk. 

Pembuatan katalog barang yang menarik dan informatif sangat penting untuk membantu pelanggan memilih produk yang tepat. Katalog barang ini harus terdiri dari informasi lengkap mengenai produk, seperti deskripsi, harga, dan spesifikasi, sehingga pelanggan dapat membuat keputusan yang tepat sebelum membeli.

Dokpri
Dokpri

Dalam keseluruhan, media sosial menjadi alat pemasaran yang semakin populer bagi usaha kecil. Dengan memanfaatkan media sosial, Rumah Pernik dapat memperluas jangkauan bisnis, membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, dan meningkatkan kesadaran merek.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun