Mohon tunggu...
Ira Dwi Septiani
Ira Dwi Septiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ekowisata

SV IPB

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendidikan Berkualitas, Benarkan Tolak Ukur sebuah Bangsa?

30 Juli 2021   14:17 Diperbarui: 30 Juli 2021   14:48 74 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan Berkualitas, Benarkan Tolak Ukur sebuah Bangsa?
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan Indonesia merupakan salah satu topik yang sangat menarik untuk dibahas. Sehingga dapat kita ketahui dan pahami bagaimana kondisi pendidikan Indonesia yang sebenarnya. Pendidikan sendiri sangatlah penting bagi suatu negara. Bagaimana negara itu bisa berkembang dan maju salah satunya disebabkan oleh kualitas orang-orang yang ada di negara tersebut.

Seperti pendapat tokoh Aristoteles yang mengatakan bahwa pendidikan adalah bekal terbaik untuk perjalanan hidup. Dengan pendidikan yang berkualitas, permasalahan yang ada di Indonesia satu persatu bisa teratasi. Seperti tingkat pengangguran yang tinggi bisa dipecahkan dengan pendidikan yang berkualitas, sehingga mereka para tenaga kerja memiliki kualitas yang seimbang dengan lapangan kerja, atau siap membangun jiwa kewirausahaannya sehingga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Selain itu, di Era Revolusi Industri ini para tenaga kerja tersebut siap bersaing dengan tenaga kerja asing jika dibekali dengan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan Indonesia juga dapat membantu memperbaiki pertumbuhan perkenomian di Indonesia. Dengan pola pikir yang bersifat inovatif ini, diharapkan dapat memecahkan masalah perekonomian yang ada, misalnya masalah kemiskinan. Jika masalah tersebut dapat terpecahkan dengan baik, maka akan membuka jalan keluar bagi masalah lainnya, seperti halnya penurunan tingkat kemiskinan yang dapat memperbaiki pola hidup masyarakat.

Namun kenyataannya, kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangatlah memprihatinkan. Kurang meratanya tenaga pengajar yang tersebar, berbagai fasilitas yang kurang dan tidak layak pakai, serta minimnya sarana dan prasana yang didapatkan masing-masing sekolah menjadi alasan bahwa pendidikan Indonesia masih tertinggal jauh. Selain itu, banyaknya asumsi masyarakat yang beranggapan bahwa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bukanlah suatu hal penting. Menurut mereka, selain dikarenakan keterbatasan biaya, lebih baik mencari pekerjaan yang setidaknya bisa membantu kebutuhan sehari-hari.

Pandemi Covid-19 ini juga menjadi salah satu penurunan pendidikan di Indonesia. Tingginya angka putus sekolah yang disebabkan oleh beberapa faktor juga mempengaruhi. Hal ini khususnya terjadi di kalangan masyarakat yang kurang mampu. Mereka yang anggota keluarganya kehilangan pekerjaan atau penghasilannya berkurang menyebabkan anaknya tidak dapat melanjutkan sekolah. Alhasil, mereka harus mencari solusi lain seperti bekerja. Adapun dari mereka yang merasakan pembelajaran secara online di tengah pandemi ini mengalami beberapa kesulitan, tidak efektifnya hasil belajar yang didapat, serta sebagian orang tua mengeluhkan pembelajaran secara online lebih rumit karena berhubungan dengan masalah teknologi yang mungkin mereka kurang pahami. Selain itu juga, pengeluaran biaya seperti pembelian kuota, ataupun alat komunikasi yang menunjang sebagai media  pembelajaran membuat mereka sedikit terbebani dalam kondisi yang seperti ini.

Jika kita amati, pendidikan yang ada di suatu kota dengan wilayah pedalaman memiliki perbedaan yang signifikan. Ini disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya jarak tempuh ke sekolah yang jauh serta kurang mendukungnya keadaan yang ada. Tak jarang kita sering mendengar cerita dari mereka yang membutuhkan perjuangan untuk bisa sampai di sekolah, karena medan perjalanan yang dilalui sangat berat serta faktor lainnya yang menjadi kendala mereka dalam menuntut ilmu.

Kita tidak bisa abai dalam menyikapi hal ini. Ini bukan hanya sekedar tugas pemerintah, tapi ini merupakan kewajiban kita untuk saling merangkul menentukan akan seperti apa masa depan negeri ini. Saling menyadarkan bagaimana pentingnya sebuah pendidikan, saling membantu dalam memenuhi sarana dan prasarana terutama untuk mereka yang ada di wilayah pedalaman. Pemerintah juga harus peka, terhadap apa yang dibutuhkan oleh rakyatnya serta harus memperhatikan apa saja yang perlu diperbaharui dalam pendidikan di Indonesia. Agar kedepannya pendidikan Indonesia semakin berkualitas sehingga dapat melahirkan anak-anak bangsa yang dapat mengharumkan nama Indonesia.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN