Mohon tunggu...
Ira Maria Fran Lumbanbatu
Ira Maria Fran Lumbanbatu Mohon Tunggu... Dosen - Seorang wanita single, independent, sedikit introvert tapi sangat membuka diri utk pertemanan :)

Saya tidak bisa berbagi materil tetapi saya akan berbagi informasi kepada para pembaca

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Hadirnya "Messiah" Masa Kini

27 Februari 2020   13:19 Diperbarui: 27 Februari 2020   13:14 1922
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Awal dari tulisan ini adalah ketika saya menyaksikan podcast Deddy Corbuzier dengan Coki Pardede. Pada podcast tersebut mereka saling berargumen tentang agama dan sharing tentang bagaimana sebenarnya pemahaman agama yang baik. Dipodcast tersebut Coki Pardede mengakui bahwa dirinya adalah seorang agnostik (mempercayai keberadaan Tuhan tetapi tidak mempercayai agama apapun), kalimat yang Coki katakan saat itu adalah "Humanity above religion" yang dalam pemahaman Saya adalah bagaimana kemanusiaan berada pada posisi teratas bahkan berada pada posisi teratas dari agama. 

Lebih dalam pada podcast tersebut Deddy menanyakan tentang apakah Coki sudah menonton serial Messiah dan mereka sedikit membahas serial ini di podcast tersebut, dari sinilah awalnya Saya mencari trailer dan serial tersebut. Setelah menonton 10 episode dari serial Messiah tersebut Saya dapat menyimpulkan ada 5 (lima) alasan kenapa kita harus menonton serial ini, ini bukan ajang untuk promosiin film tetapi bagaimana Saya sangat menghargai seni dan bagaimana serial ini dikemas dengan baik.

Alasan pertama harus menyaksikan serial ini adalah serial ini mengangkat cerita yang berkaitan dengan agama samawi yaitu Kristen, Yahudi dan Islam. Seperti kita ketahui bahwa kebanyakan orang didunia ini beranggapan bahwa agama adalah hal yang paling penting dan menjadi salah satu pengikut agama tersebut adalah sebuah keharusan. 

Ajaran - ajaran agama yang sudah kita terima sedari kecil (karna pada dasarnya agama adalah warisan) akan membentuk cara pandang setiap pribadi tentang banyak hal. Demikian juga dengan mereka yang menjadi seorang agnostik dan atheis juga memiliki pemahaman yang berbeda dengan yang lain. 

Serial ini menyajikan pemahaman yang berbeda dari para penontonnya karena serial ini menceritakan tentang Kristen, Yahudi, islam bahkan Agnostik dan Atheis (karna Saya masih bingung apakah agen Eva dan Aviram apakah seorang agnostik atau Atheis). Saya yakin seluruh penonton serial ini akan punya tafsiran yang berbeda karena latar belakang pemahaman agama yang berbeda dan hal ini cukup jarang terjadi ketika kita menonton serial lainnya. 

Hal kedua tentang serial ini adalah bagaimana serial ini dikemas dengan perkembangan teknologi masa kini. Seperti judul tulisan ini, serial ini menceritakan bagaimana jika Messiah hadir pada masa kini. Jika dilihat dari cerita - cerita alkitab tentang kehadiran Messiah pada masanya, keberadaan mobil,  senjata, pesawat, gadget dan bahkan bom bunuh diri belum ada disaat itu. Berbeda dengan serial ini, serial ini cukup mudah dicerna karena penontonnya tidak perlu berimajinasi yang berlebihan karena serial ini dikemas sangat up to date dengan keadaan masa kini.

Permasalahan hidup dan kaitannya dengan psikologi seseorang adalah hal ketiga yang menarik di serial ini. Permasalahan-permasalahan hidup yang ditampilkan sangat sesuai dengan keadaan masa kini. Contoh permasalahan hidup yang ditampilkan adalah bagaimana agen CIA Eva Geller dengan karirnya yang bagus dan menjadi agen terbaik masih memiliki masalah pribadi seperti kehilangan suami dan mengalami keguguran berkali-kali, ini adalah gambaran orang - orang dimasa kini yang memiliki karir yang bagus tetapi tetap memiliki masalah pribadi yang pasti tidak berbeda dari yang lain. 

Demikian juga tentang bagaimana Pendeta Felix yang putus asa dengan pelayanannya, putus asa dengan istri yang tidak memahaminya dan keputusasaannya bertambah karena akhirnya mengetahui bagaimana putrinya dan dibantu istrinya menggugurkan anak yang dikandung oleh puterinya tersebut dan semua menjadi bagian dari permasalahan kehidupan yang rumit yang membuat psikologi Felix sangat hancur dan tertekan. 

Selain itu seorang agen yaitu Aviram yang terlihat sangat kuat dan tangguh juga memiliki masalah pribadi yang berat, bagaimana Aviram sangat merasa dirinya hancur karena istrinya selingkuh dan kemarahannya dia lampiaskan dengan membunuh seorang anak yang tidak bersalah. Hal ini mengakibatkan Aviran memiliki trauma yang cukup berat dan selalu dihantui dengan perasaan bersalah karena telah membunuh anak dibawah umur yang tidak bersalah itu.

Hal terakhir yang menarik di serial ini adalah tentang bagaimana keajaiban- keajaiban yang ditampilkan di serial tersebut. Hal ini berkaitan dengan apakah kita sebagai penonton berpikir secara rasional maupun irrasional. Keajaiban - keajaiban yang ditampilkan oleh pemeran Messiah antara lain, bagaimana Payam Golshiri menyelamatkan nyawa anak yang tertembak, berjalan diatas air dan yang terakhir adalah bagaimana pesawat rahasia yang ditumpanginya meledak dan terjatuh diatas padang pasir.

Dan Payam Golshiri masih hidup dan membangkitkan orang - orang yang berada didalam pesawat tersebut termasuk Aviram yang kelihatan bingung dan masih ragu. Sebenarnya, Eva Geller si agen CIA telah mencari latar belakang dari Payam Golshiri tersebut dan hal yang mencurigakan tentang dia adalah   Payam Golshiri dulunya adalah seorang anak yang dibesarkan oleh pamannya yang memiliki keahlian sulap dan Payam Golshiri dan saudara laki-lakinya juga diajarkan trik-trik sulap dan selalu diajak sirkus keliling kota. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun