Mohon tunggu...
ilyas rifaldi
ilyas rifaldi Mohon Tunggu... Freelancer, Blogger

menulis bukanlah hobi saya, hobi saya berpikir kritis ttg suatu hal (suka halu), bisa dibilang saya sedang mencari jati diri dengan menulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Sulit Dapat Kerja? Ini Tips dan Cara Kerja Freelance dari Rumah

14 September 2020   12:01 Diperbarui: 14 September 2020   12:17 151 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sulit Dapat Kerja? Ini Tips dan Cara Kerja Freelance dari Rumah
freelance/steemkr.com

hai..selama pandemi virus ini pasti banyak sekali yang sudah merasakan sulitnya mendapat penghasilan, mulai dari sulitnya diterima kerja, banyaknya pemutusan hak kerja(PHK), bangkrutnya instansi dan dunia bisnis karna pergerakan ekonomi yang mulai dibatasi oleh pemerintah, dan masih banyak alasan lainnya. 

Nah banyak pertanyaan yang muncul di masa pandemi, salah satunya adalah "bisa tidak hasilkan uang dari rumah dengan passion kita?", saya akan jawab "bisa banget!". Bagaimana Caranya? kalian harus mulai switch kebiasaan hidup kalian untuk tetap produktif di era digital ini dan coba lakukan kerja Freelance! yuk simak sampai habis dibawah ini ya.

Apa itu Freelance? Mungkin banyak yang sudah tau tentang jenis pekerjaan freelance, tapi saya akan sedikit jelaskan kembali di sini.

Freelance atau yang bisa kita sebut pekerja lepas atau buruh, adalah pekerjaan sebagai penawar jasa pribadi sebagai apapun itu tanpa terikat pihak ketiga atau instansi apapun. keuntungannya apa dari bekerja freelance ini? pertama kita bisa bekerja berdasarkan passion kita. misal kalian yang punya hobi menulis atau design, kalian bisa menawarkan jasa kalian di internet,kedua kalian juga bisa kerjakan jasa kalian secara mobile(leluasa kapanpun dan dimanapun itu).

Nah mari langsung kita bahas apa aja sih yang kita perlukan untuk jadi seorang Freelancer Digital:

1. TENTUKAN PERSONAL BRAND ANDA

ya..untuk memulai jasa freelane digital, tentunya kita harus tau dulu apa hobi dan kemampuan yang kita bisa. Jangan asal menawarkan jasa ke orang lain saat belum tau brand yang akan anda tawarkan dan jangan juga mencoba berikan jasa yang anda rasa masih sulit untuk anda lakukan, Karna hasil yang didapatkan nanti tidak akan profesional dan hanya mengecewakan buyer kalian. Dan jangan malas untuk upgrade skill anda karna Freelancer yang multi talent akan lebih sukses karna memiliki banyak brand atau jasa untuk di tawarkan.

2. GUNAKAN MEDIA PLATFORM UNTUK FREELANCE 

loh tadi katanya freelance tidak terikat pihak ke 3? tenang dulu, maksud dari gunakan media plaform ini kalian bisa mengggunakan website,app,ataupun media sosial sebagai wadah yang mempertemukan antara buyer dan seller. media platform juga bisa jadi tempat kalian mempromosikan jasa freelance kalian untuk menarik minat pembeli. Berikut saya beri beberapa recomendasi platform website untuk memulai jasa freelance kalian:

-fiver

-sribulancer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN