Mohon tunggu...
I Nyoman  Tika
I Nyoman Tika Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

menulis sebagai pelayanan. Jurusan Kimia Undiksha, www.biokimiaedu.com, email: nyomanntika@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Wisata Agro Strawberry di Masa Pandemi

8 September 2021   19:35 Diperbarui: 8 September 2021   22:37 216 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Udara siang itu sejuk, kabut tipis menghiasi salah satu gugusan bukit Dasong  yang mengitari  Desa Pancasari Kecamatan Sukasada Buleleng Bali.  Ditumbuhi hutan  lindung  tropis  yang lebat, menambah kesan bahwa wilayah itu adalah demikian asri dan menggoda.

Pemandangan hijau di atas permukaan danau Buyan itu, semakin menarik kena cahaya matahari, yang sinarnya berpendar  diantara sela-sela pepohonan berbaur dengan warna daun-daun pinus menghijau.

 Suasana demikian membangkitkan, getar-getar jiwa alam yang  semakin terasa, ketika sampai di salah satu kebun rakyat, yang kini di kemas dengan sangat menarik menjadi wisata agro, kebun strawberry  petik langsung,  kebun itu diberi nama  " The Hidden Strawberry Garden, dan diusahakan oleh beberapa keluarga dalam komunitas  strawberry yang menggeliat dengan kabut tipis yang masih tersisa di wilayah itu, walaupun dalam situasi  pandemi, dimana pariwisata berada di titik nadir,  namun kebun strawberry yang digarap apik itu, seakan mengejawantahkan kabut-kabut berarak berkondensasi menjadi titik air yang menyegarkan perekonomian keluarga.  

dokpri
dokpri
Kami disambut hangat oleh pemiliknya. I Kadek Gandi dan ayahnya.  Mereka mengarahkan  dimana mesti memarkir kendaraan, agar pengunjung lain bisa masuk juga ke areal itu. I Kadek gandhi, anak salah satu anak pemiliknya yang masih mahasiswa itu, giat membantu usaha orang tuanya,  disela-sela kuliahnya dia mengelola kawasan kebunnya menjadi kebun " strawberry' yang menawan.

Penataan rumah hunian dekat kebunnya yang apik, seakan menyodorkan sensasi yang berbeda. Ada suasana keakraban yang dalam bersatu menjadikan keakraban dengan alam. Saya memberikan sebuah apresiasi yang dalam pada anak-anak muda yang mau pulang kampung dan mengelola usaha di desa, membangkitkan usaha desa, menggarapnya dengan ilmu yang dia dapatkan di perguruan Tinggi, Merupakan langkah yang dibutuhkan saat ini.

Tak pelak, ilmu yang digeluti di Universitas, dia memiliki banyak jaringan serta beragam  cara pemasaran terkini, yakni  menggunakan sosial media, sehingga banyak tamu yang datang, baik  mancanegara maupun lokal yang mencari kebunnya, dengan memetik langsung, serta makan sepuasnya di lokasi.

dokpri
dokpri
Pengunjung  seakan dimanjakan dengan keindahan alam, dan kebun strawberry yang sungguh menawan, tempat berfoto ria menjadi sesuatu yang menakjubkan. Apa lagi, setelah bekerja dari rumah (BDR) lama , pergi ke alam seakan terasa kita telah mengalami pembebasan yang sejati.

Anda yang kebetulan lewat dari Singaraja menuju Denpasar, sebelum Bedugul dari arah utara, anda akan dengan mudah menemukannya, The Hidden Strawberry Garden, Di Jalan Jl. Gatot kaca, Pancasari, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 82191.

Karena sosial medianya bagus, walaupun  memang tempatnya agak  tersembunyi, serta  lewat jalan agak sempit, namun pengunjung tak pernah henti.  Dan   pemilik siap menjadi pemandu anda, mana kala anda kebingungan untuk memarkir mobil karena jalannya masih sempit.

Kebun ini menjadi tempat refreshing unik saat ini, selain menikmati alam, buah strawberry, anda juga disuguhi jus dan minuman fermentasi strawberry sebagai welcome drink.  Minuman ini merupakan kreativitas pemilik yang lama untuk membuat dan merancang  minuman fermentasi itu, sehingga  sangat menyegarkan.

Tempat yang indah ini, memberikan inspirasi bahwa strawberry menjadi primadona, dan menjadi tumpuan masyarakat di Desa Pancasari yang sejuk untuk bangkit dari keterpurukan pariwisata akibat pandemi Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan