Jaman sekarang, pendidikan dapat menggunakan teknologi didalam proses pembelajarannya. Teknologi informasi sendiri merupakan teknologi yang memiliki manfaat untuk mempermudah manusia dalam penyampaian informasi. Penyampaian informasi disini dapat kita gunakan saat kita sebagai guru, melakukan proses pembelajaran di dalam kelas. Seorang guru di SMK Nasional Malang mengembangkan media pembelajaran berbasis AR untuk mempermudah proses pembelajaran dalam mata pelajaran Desain Grafis Percetakan untuk siswa kelas XI Multimedia. AR atau Augmented Reality adalah teknologi penggabungan secara real-time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. Â
Materi yang diambil untuk media ini adalah Bidang Pandang dan Sudut Pandang dalam Pengambilan Gambar. Disini media pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan bantuan website id.edu.assemblrworld.com. Pada website tersebut disediakan beberapa karakter 3d yang dapat digunakan untuk konten yang kita buat. Selain itu kita bisa menambahkan foto atau video didalam media yang kita kembangkan.
Berikut tampilan media pembelajaran berbasis AR untuk mata pelajaran Desain Grafis Percetakan yang dikembangkan:
Gambar diatas adalah tampilan awal media pembelajaran berbasis AR untuk materi Bidang Pandang dan Sudut Pandang dalam Pengambilan Gambar. Nampak karakter orang sedang berjalan yang dapat digunakan untuk simulasi penerapan bidang pandang dan sudut pandang. Caranya dengan menggeser pada scene diatas. Selain itu media pembelajaran tersebut juga dilengkapi dengan video pembelajaran sesuai dengan materi terkait. Â
Harapannya adalah setelah siswa menyimak video teori tentang Bidang Pandang dan Sudut Pandang dalam Pengambilan Gambar, mereka langsung bisa mensimulasikannya dengan menggunakan karakter orang berjalan tersebut.Â
Bagi yang ingin mencoba media diatas bisa membuka laman http://asblr.com/YlLJb