Mohon tunggu...
Intan LarasatiAsriyana
Intan LarasatiAsriyana Mohon Tunggu... Be good, do good

Kata orang-orang yang baru kenal, saya pendiam. Sebenarnya saya orangnya random, sedikit cerewet, ketika nggak ada kerjaan bingung mau ngapain tapi mageran :))

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Robot 4.0 Petani Muda Milenial

25 September 2019   21:21 Diperbarui: 25 September 2019   21:32 130 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Robot 4.0 Petani Muda Milenial
Industri (Sumber: shabrinannabila.blogspot.com)

Sekarang ini apa sih yang nggak bisa dari generasi 4.0 ? tenaga manusia saja sudah mulai berganti menjadi tenaga mesin hingga robot.

Apasih pertanian 4.0 ? pertanian 4.0 adalah pertanian masa kini bersama generasi milenial membangun peluang pasar pertanian yang lebih luas dan lebih mudah menggunankan teknologi.

Memasuki revolusi 4.0, generasi milenial berlomba-lomba menciptakan sebuah karya teknologi untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam bidang pertanian. Dalam hal ini, petani muda sebagai generasi milenial merasa pertanian hanya mencangkul dan panas-panansan di lahan saja. Akan tetapi, ternyata pertanian itu mencangkup bidang yang tidak hanya dilakukan di lahan dengan tenaga manusia saja. Di sisi lain, pertanian dapat bekerja di laboratorium dengan mengembangkan kultur jaringan. Di mana, kultur jaringan ini merupakan budidaya pertanian secara steril. 

Robot Petani Masa Kini

Budidaya pertanian di lahan, pada dasarnya hanya dilakukan oleh petani senior (bapak dan ibu petani pada umumnya). Sebagai petani muda milenial yang pada umumnya tidak suka berpanas-panasan dan bergelut dengan tanah bahkan pupuk secara langsung, generasi 4.0 telah menciptakan mesin sebagai robot petani. Mesin yang telah diciptakan antara lain mesin olah tanah, penanaman, penyiangan gulma, pengendali hama penyakit, hingga pemanenan.

Keunggulan Pertanian 4.0

Pemerintah sedang menggalakan infrastruktur bidang pertanian untuk mensejahterakan dan memudahkan petani dalam berbudidaya. Selain itu, Dilansir dari Kementrian Pertanian (2019), dengan infrastruktur ini juga dapat meningkatkan efisiensi waktu kerja, menekan biaya produksi secara signifikan, mengurangi kerugian petani ketika tanam maupun panen, meningkatkan pendapatan petani dan meningkatkan produksi.

Apa Saja Sih Infrastruktur Pertanian Itu ?

indopos.co.id
indopos.co.id
Biasanya, dalam melakukan kegiatan budidaya pertanian mulai dari pengolahan lahan hingga panen itu memerlukan waktu berhari-hari. Akan tetapi, jika ingin menghemat waktu biasanya menggunakan tenaga kerja yang lebih sehingga mengeluarkan biaya yang lebih juga.

Untuk menekan input pertanian seperti biaya dan tenaga kerja maka pemerintah menggalakan infrastruktur pertanian yang tentunya dapat menekan input pertanian. Nha, berikut adalah beberapa infrastruktur pertanian dari pengolahan lahan hingga panen. Hand traktor merupakan salah satu infrastruktur yang memudahkan petani dalam mengolah tanah.

Untuk memudahkan dalam penanaman terdapat rice transplanting hingga penanaman benih menggunakan drone. Power weeder merupakan alat mesin pertanian untuk penyiangan. Untuk pengendalian hama dan penyakit sekarang bisa menggunakan sensor drone. Untuk memudahkan panen, terdapat alat mesin pertanian combiner harvesting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN