Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tiga Alasan Shin Tae-yong dan Timnas Muda Layak Dipercaya Usai Petik Poin Perdana

4 Juni 2021   03:22 Diperbarui: 4 Juni 2021   03:36 616 22 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Alasan Shin Tae-yong dan Timnas Muda Layak Dipercaya Usai Petik Poin Perdana
Evan Dimas merayakan gol ke gawang Thailand pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Dubai, UEA, pada Kamis (3/6/2021) malam WIB.(PSSI)

Laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang mempertemukan Timnas Indonesia vs Thailand berakhir seri 2-2. Gol-gol Garuda disumbangkan oleh Kadek Agung (40') dan Evan Dimas pada menit ke-60.

Berikut ini adalah tiga alasan mengapa pelatih timnas saat ini, Shin Tae-yong dan timnas muda kita layak dipercaya untuk jangka panjang usai meraih poin perdana dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. Tidak perlu tergesa-gesa mengganti pelatih dan para penggawa timnas Indonesia saat ini hanya karena hasil satu atau dua pertandingan saja.

Pertama, Shin Tae-yong berhasil menerapkan kedisiplinan di dalam dan luar lapangan

Jelang laga melawan Thailand, Shin Tae-yong membuat berita dengan memulangkan satu penggawa timnas. Alasan pemulangan pemain tersebut dari pemusatan latihan di Dubai ialah karena pemain tersebut tidak disiplin diri.

Tak main-main, Shin Tae-yong tegas dalam hal-hal kedisiplinan di dalam dan luar lapangan. Beberapa waktu lalu, ia juga memulangkan dua pemain muda karena alasan indisipliner.

Inilah ketegasan seorang pelatih kelas dunia yang perlu segera dipahami insan sepakbola Indonesia. Jangan mentang-mentang sudah jadi pemain timnas, lalu bisa sesuka hati bertindak.

Tak ada privilese bagi pemain timnas dalam hal kedisiplinan. Semua pemain, baik muka baru maupun lama harus mengikuti aturan tim. Inilah sisi positif pertama karakter Shin Tae-yong asal Korea Selatan.

Kedua, Shin Tae-yong berhasil menyuntik semangat daya juang pada pemain

Mengikuti laga Indonesia melawan Thailand, kita dibuat terkagum-kagum oleh daya juang para pemain timnas kita. Timnas Indonesia ketinggalan dua kali saat kebobolan dua gol Timnas Gajah Putih. 

Dua kali pula para pemain kita membalas gol lawan dengan gol-gol cantik. Gol penyeimbang pertama dicetak melalui kerjasama apik Syahrian Abimanyu yang mengirimkan terobosan pada I Kadek Agung. Dengan tenang Kadek Agung mengecoh kiper lawan dan menceploskan bola ke gawang Thailand. Skor 1-1.

Timnas kembali kebobolan pada menit 51. Beruntung, timnas kita pantang menyerah sebelum peluit terakhir berbunyi. Bola hasil sepakan Egy Maulana Vikri menyentuh pemain Thailand dan mendarat di kaki Evan Dimas yang lantas mencetak gol kedua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN