Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

Mempelajari ilmu Filsafat dan Teologi, Politik, Pendidikan dan Dialog Budaya-Antaragama di Jerman, Founder of Suara Keheningan.org, Seelsorge und Sterbebegleitung dan Mitglied des Karmeliterordens der Provinz Indonesien | Email: inokarmel2023@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

5 Pertanyaan Kunci yang Menolong Anda Bahagia Setiap Hari

26 Maret 2023   03:52 Diperbarui: 26 Maret 2023   04:32 1226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
5 pertanyaan kunci yang menolong Anda bahagia setiap hari | Dokumen pribadi oleh Ino Sigaze.

Setiap orang punya indeks kebahagiaan sendiri | Ino Sigaze

Indeks kebahagiaan itu berbeda-beda sesuai dengan standar masing-masing. 

Tentu saja kalau kita berbicara tentang kebahagiaan dan indeks kebahagiaan rasanya terlalu luas.

Oleh karena itu, tulisan ini lebih menyoroti soal indeks kebahagian personal dengan kurun waktu tertentu yakni kebahagian yang bisa dirasakan dalam sehari. 

Saya menulis hal ini karena bisa saja ada orang yang lupa bahagia, hanya karena tidak bisa melihat keajaiban dalam hidupnya. 

Ada 5 pertanyaan kunci yang bisa saja menolong kita untuk bahagia hari demi hari.

1. Apakah saya masih bisa bangun kembali setelah tidur semalam?

Bagi kebanyakan orang pertanyaan ini tampaknya terlalu sederhana. Namun, bagi saya pribadi pertanyaan itu adalah pertanyaan paling penting pada awal memasuki suatu hari.

Pertanyaan itu sekaligus menandai bahwa saya masih hidup. Bukan cuma itu, tapi saya masih diberikan kesadaran bahwa saya masih bangun kembali dari tidur.

Saya bahagia karena pagi-pagi buta setelah bangun tidur, saya pergi membelikan roti-roti kecil untuk teman-teman saya.

2. Apakah saya masih bisa berbicara?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun