Mohon tunggu...
Inggit Lufita
Inggit Lufita Mohon Tunggu... Akuntan - Cantippp

Be your self

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penerapan Ideologi Pancasila

28 Oktober 2021   21:28 Diperbarui: 28 Oktober 2021   22:02 60 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ideologi Pancasila

Bagaimana kabar kalian semua hari ini? Semoga diberikan kesehatan selalu yaa... kali ini saya akan memberikan bahan literasi untuk kalian dengan tema ideologi pancasila.

Ideologi ialah sistem keyakinan yang dianut oleh masyarakat guna menata diri sendiri. Istilah Ideologi perta kali digunakan oleh filsuf perancis. Kata Ideologi merujuk pada bidang ilmu ekonom analisis ilmiah dari berpikir manusia, otonom sendiri dapat diartikan yaitu lepa dari metafisika tapi untuk mendefinisikan “sains tentang ide”.

Pancasila sejak tahun 1945 menjadi roh atau labeling nasionalisme. Pancasila sebagai dasar negara kemudian menjadi rujukan berjalannya negara besar Indonesia. Namun pasca reformasi, muncul beberapa suara yang mempertanyakan kembali eksistensi Pancasila pun juga sebagai ideologi bangsa. 

Selain pancasila merupakan murni gagasan politik yang lahir dari para anak bangsa di tengah pergumulan antara persaingan blok barat dan blok timur di masa lalu, juga merupakan gagasan dasar tentang arsitektur hukum dasar bagi sebuah negara. 

Sebuah refleksi mendalam perjalanan pancasila dengan penuh optimisme bahwa dalam situasi yang sulit selalu muncul kelompok pemuda yang berhasil menjadi pelopor dalam mengatasi situasi yang ada.

Bagi indonesia idelogi merupakan visi yang komprehensif sebagai pandangan hidup masyarakat indonesia. Ideologi merupakan gabungan dari bahasa Yunani 'ideos' dan 'logos' yang berarti tujuan, cita-cita, sudut pandang, pemikiran, dan pengetahuan. 

Ideologi merupakan seperangkat ide atau keyakinan yang menentukan cara pandang seseorang untuk mencapai tujuan dengan berdasar kepada pengetahuan. Ideologi pancasila adalah pandangan atau nilai-nilai luhur budaya dan religius yang digunakan bangsa Indonesia. Hal itu berarti setiap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun rumusan pancasila sebagai ideologi indonesia yaitu:

Ketuhanan Yang Maha Esa, yang mempunyai makna masyarakat indonesia mengakui adanya Tuhan itu satu.

Kemanusian yang adil dan beradab, setiap makhluk hidup yang diberi anugrah budi dan karsa merdeka, dihargai dan dihormati sesuai dengan martabatnya. Manusia sama deraajatnya di mata Allah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan