Mohon tunggu...
Ineke Novianty Sinaga
Ineke Novianty Sinaga Mohon Tunggu... Public Relation

I am very passionate about writing! Melihat,membaca, menilai, menganalisa,menyindir, mentertawakan, menyukai, mengagumi, memperbaiki, mendukung.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

4 Tipe Kepribadian, Kamu yang Mana?

13 September 2019   18:15 Diperbarui: 13 September 2019   18:58 0 1 0 Mohon Tunggu...
4 Tipe Kepribadian, Kamu yang Mana?
modernmrsdarcy.co

Bekerja sama dalam satu tim "konon" susah-susah gampang,  mendapatkan klien dengan cepat bukanlah perkara mudah, punya anak buah yang tidak sejalan bagaimana mengaturnya? atau jika Anda seorang pimpinan, coba tanyakan. Apakah saya disukai oleh tim saya? Apakah saya mampu memimpin mereka? Kenapa mereka menjauhi saya?

Masih banyak lagi problem dan kegiatan  keseharian yang membuat kita merasa terlalu banyak tantangan dan hambatan untuk mencapai tujuan. Apakah sudah mencari sumbernya? Apakah Anda putus asa? Memang tidak mudah menyelesaikan masalah terkait manusia lain, tetapi mengenal tipe kepribadian bisa jadi kunci pendekatan untuk memuluskan misi Anda.

Ada bermacam-macam pola watak dasar manusia, Florence Littauer dalam bukunya berjudul Personality Plus. Ini buku lama mungkin sudah berkembang di masa kini tetapi masih relevan kok dalam kehidupan saat ini. Dalam bukunya, Florence memaparkan 4 macam kepribadian; Kholeris,
Melankolis, Phlegmatis dan Sanguinis.

Jika melihat meja kerja saudara atau rekan Anda yang berantakan lalu mencoba merapikannya dengan harapan terlihat bersih dan memudahkan dia tetapi yang terjadi malah sebaliknya. 

Bukannya mengucapkan terima kasih, dia malah mengeluh  karena tidak menemukan barang yang ia cari, merasa asing dengan mejanya lalu membuatnya berantakan lagi. Anda jangan marah dulu karena bisa jadi Ia termasuk tipe Sanguinis.

Ada juga tipe Melankolis. Tipe ini berbanding terbalik dengan tipe sebelumnya. Melankolis itu apa-apa serba terjadwal dan tersusun sesuai pola. Mereka yang masuk dalam tipe ini biasanya suka dengan fakta, data, dan angka.

Selanjutnya, tipe Koleris. Cirinya, kalau Anda punya teman yang suka mengatur orang lain, bisa jadi mereka adalah orang koleris. Mereka sangat "goal oriented", mengerjakan sesuatu sesuai komitmen dan harus cepat. Ada juga yang dikenal dengan Koleris akut. 

Orang dengan kepribadian ini  terkenal tegas ketika memperlakukan orang lain bisa jadi dikira galak. Rasa dalam dirinya adalah 'hanya saya yang bisa menyelesaikan segalanya; tanpa saya bisa jadi berantakan semua`.

Berbeda dengan tipe Plegmatis, tipe ini tidak suka pada konflik. Sebaliknya, ia akan berusaha mencari solusi yang damai. Si phlegmatis bagi seorang koleris adalah sosok yang kurang bersemangat. Sebenarnya, ia adalah pendengar yang baik,  juga cenderung diam dan kalem.  Dalam mengambil keputusan seringkali suka menunda.

Menurut Florence, keempat watak itu pada dasarnya dimiliki setiap orang yang berbeda adalah kadarnya.

Ada yang memiliki tipe kombinasi Koleris-Sanguinis, cirinya suka mengatur orang tetapi juga senang bicara  tapi  mudah juga menjadi pelupa. Ada pula kombinasi antara Koleris-Melankolik, biasanya kelihatan kalem, baku, bicaranya dingin, suka mengatur, tak mau kalah, dan terasa kadang menyakitkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x