Mohon tunggu...
INE ERNA ANDRIANA
INE ERNA ANDRIANA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hallo Semuanya Selamat Datang, Terima Kasih Telah Bergabung profil Kami

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Nilai dan Peran Guru Penggerak dalam Melahirkan Profil Pelajar Pancasila

20 November 2021   22:39 Diperbarui: 20 November 2021   22:42 1971
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Latar Belakang

Guru Penggerak merupakan pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Terpilihnya saya sebagai calon guru penggerak membuat saya termotivasi untuk belajar sepanjang hayat mengenai hakikat merdeka belajar. Pendidikan Guru Penggerak ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan melakukan praktik baik (wellbeing) dalam pembelajaran.

Guru penggerak mengembangkan diri dan guru lain. Di antaranya dengan refleksi, berbagi, dan berkolaborasi, serta memimpin visi sekolah dalam praktik merdeka belajar; memiliki kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik; merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua; berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid. Landasan PGP adalah filosofi merrdeka belajar Ki Hadjar Dewantara. Ajaran ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.

Permasalahan yang terjadi bahwa pandemi Covid 19 ini sangat berpengaruh terhadap pendidikan sehingga guru harus berpikir keras untuk melaksanakan pembelajaran daring dan luring selama PTMT. Selain itu, nilai-nilai dan peran guru belum maksimal dijalankan. Harapan ke depan guru harus tergerak, bergerak, dan menggerakkan diri sendiri dan guru lain untuk mewujudkan merdeka belajar dan melahirkan Profil Pelajar Pancasila.

2. Deskripsi Aksi Nyata

Tujuan Umum aksi nyata ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai dan peran guru penggerak dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan keteladanan dan pembiasaan. Tujuan khususnya adalah melakukan praktik baik untuk menjadi pemimpin pembelajaran dengan melakukan pembelajaran yang berpihak pada anak. Praktik aksi nyata dilakukan dengan mengadakan pertemuan secara luring. Saya mencoba menginternalisasi nilai-nilai dan peran guru penggerak dengan maksimal.

Materi terkait peran dan nilai-nilai guru penggerak yang sudah saya pahami dengan sungguh-sungguh akan saya praktikkan di kelas dan sekolah. Saya sudah berupaya mengembangkan nilai-nilai guru penggerak yaitu

(1) mandiri mempunyai inisiatif sendiri dan tidak bergantung pada orang lain untuk mengikuti diklat, kuliah, seminar, dan lainnya,

(2) reflektif terbuka dengan masukan orang lain dan selalu mengevaluasi diri,

(3) inovatif membuat inovasi pembelajaran seperti pembelajaran menggunakan Komik Pelangi, permainan Ular Tangga, wayang karakter, 

(4) kolaboratif bekerja sama dalam membuat soal PAS ganjil, membuat materi pembelajaran,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun