Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

TV Analog Menuju TV Digital dan Perubahan Aktivitas Hidup

6 November 2022   14:01 Diperbarui: 7 November 2022   07:09 972
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berakhirnya Siaran TV Analog Di Berbagai Tempat di Indonesia | Sumber: koolshooters via www.kompas.com

Secara resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menghentikan siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) per tanggal 2 November 2022 pukul 24.00 WIB. Artinya di 230 Kabupaten/Kota di Indonesia harus mengucapkan selamat tinggal pada siaran TV Analog (Sumber klik disini). 

Saya akui perkembangan jaman terjadi cukup cepat. Dulu semasa SD hingga SMP seakan menjadi masa penuh kenangan dengan TV Analog. 

Menonton kartun doraemon dan dragon ball saat hari minggu, mengidolakan penyanyi dari ajang pencarian bakat seperti AFI, Indonesian Idol, atau Mamamia dan sebagainya. 

Yang paling berkesan ketika siaran TV banyak semutnya alias tidak jernih, maka saya akan sibuk memutar antena hingga siaran jernih kembali. Atau jika TV Tabung keluaran jadul, kadang ada saja drama yang muncul dan kita harus pukul tabung TV agar masalah kembali normal. 

Kini kenangan ini akan perlahan menghilang. Hadirnya TV digital dan siaran berbayar memberikan banyak kemudahan. Tidak perlu lagi sibuk memutar antena untuk mencari saluran yang jernih atau bahkan memukul tabung TV ketika ada masalah. 

Melalui saluran TV digital, maka kita akan mendapatkan saluran yang jernih bahkan bisa mendapatkan saluran TV secara nasional maupun internasional. Bahkan beberapa provider saluran digital menawarkan paket internet dan TV Digital dalam 1 paket. 

Layanan Tontonan Dalam TV Berbayar | Sumber: Situs Yaconic
Layanan Tontonan Dalam TV Berbayar | Sumber: Situs Yaconic

Teman saya salah satunya sudah menggunakan TV digital sejak beberapa tahun lalu, bahkan anaknya dilatih menonton acara kartun atau acara anak berbahasa asing. Tujuannya adalah agar si anak menonton sambil melatih kemampuan bahasa. 

Layanan yang dulu tidak kita temui saat masih kecil. Bahkan ada saluran TV yang menayangkan topik khusus seperti berita, olahraga, musik, kartun dan sebagainya. 

Bagaimana respon saya terkait peralihan TV Analog ke TV Digital? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun