Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Ketika Atasan Perlu Menghargai Kinerja Bawahan

20 Agustus 2022   10:47 Diperbarui: 20 Agustus 2022   13:30 537
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apresiasi pekerjaan | Sumber:  fizkes vai parapuan.co

Pada sebuah sesi interview, saya sempat bertanya pada seorang kandidat pelamar kerja terkait mengapa resign dari perusahaan sebelumnya.

Jawaban si kandidat membuat saya ikut introspeksi diri. Dirinya mengatakan atasan di perusahaan sebelumnya seakan tidak menghargai kinerja yang dilakukan anak buah termasuk dirinya. 

Kerap kali mendapatkan tugas tambahan hingga pulang telat. Jangankan mendapatkan uang lembur atau kenaikan gaji, ucapan terima kasih saja jarang terlontar.

Saya akui dalam dunia kerja terdapat hierarki yang cukup jelas. Ada yang bertindak sebagai atasan yang memiliki wewenang dalam membuat keputusan, mengevaluasi kinerja bawahan, memberikan tunjangan kinerja hingga merekrut atau bahkan memberhentikan bawahan.

Di sisi lain bagi yang berada di posisi bawahan harus siap menerima dan mengikuti instruksi dari atasan. 

Tidak hanya itu bawahan juga harus memiliki mental kuat karena ada banyak atasan kerja dengan karakter tempramen, suka memerintah berlebihan, tidak mau disalahkan hingga pelit kepada bawahan.

Saya menyadari bahwa ada orang yang berubah sifat ketika sudah menjadi atasan. Dari semula ramah dan mudah berbaur dengan siapa saja kemudian berubah ingin dihargai, suka menyalahkan orang lain serta merasa dirinya paling benar saat berpendapat. 

Sebagai bahan introspeksi diri, setidaknya bagi pembaca yang saat ini diberi kesempatan menjadi atasan atau bahkan pemilik usaha yang mempekerjakan orang lain. 

Bentuk Apresiasi Terhadap Kinerja Bawahan | Sumber Situs Universitas Ciputra
Bentuk Apresiasi Terhadap Kinerja Bawahan | Sumber Situs Universitas Ciputra

Tidak ada salahnya kita perlu juga menghargai kinerja bawahan. Jika bingung harus bertindak seperti apa, mungkin beberapa hal ini bisa jadi pertimbangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun