Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Jangan Asal Pilih Tukang Service Handphone

29 September 2021   19:26 Diperbarui: 30 September 2021   22:24 1143 24 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi reparasi handphone.| Sumber: TRIBUNJATENG/M SOFRI KURNIAWAN

Handphone (HP) atau telepon genggam dulu masih dianggap barang tersier (mewah), kini posisinya justru naik menjadi sekunder bahkan primer. 

Ini tidak terlepas fungsi handphone yang banyak membantu aktivitas manusia seperti memudahkan komunikasi, koordinasi, kirim file/dokumen, hingga menunjang pekerjaan seperti ojek online hingga e-commerce yang banyak memanfaatkan peran handphone. 

Salah satu hal tidak menyenangkan adalah ketika handphone kesayangan justru rusak. Beberapa contoh kerusakan yang umum terjadi seperti LCD pecah/retak, kemasukan air, tidak bisa hidup, sensor tidak berfungsi, lupa kunci, mati-matian hingga baterai boros. 

Saya pernah mengalami hal tidak terduga. Handphone tiba-tiba tidak mau menyala padahal sebelumnya baru saya charge baterai semalam suntuk. Ternyata handphone saya mengalami over charging. 

Rasa panik muncul karena handphone tersebut terdapat kontak, sosial media hingga foto-foto semasa liburan yang tersimpan di memori internal. Akhirnya cara terbaik adalah membawa handphone tersebut ke tempat service handphone. 

Tentu brand handphone telah memberikan masa garansi serta lokasi service yang ada di beberapa kota di Indonesia. Nyatanya ada pertimbangan lain orang lebih memilih membawa handphone yang rusak ke konter service handphone tertentu. 

Pertimbangan seperti masa garansi sudah lewat, lokasi service resmi terlalu jauh, masa pengerjaan lama hingga kerusakan yang tidak terlalu parah. 

Perbaikan handphone Rusak. Sumber Urban Digital
Perbaikan handphone Rusak. Sumber Urban Digital

Saya teringat ketika dulu bekerja di salah satu toko handphone. Rekan saya yang punya pengalaman sebagai teknisi service handphone berpesan bahwa jangan sembarangan membawa handphone ke tempat service. Ini karena ada banyak tindakan oknum nakal yang justru bisa membuat kita menyesal.

Ternyata benar, banyak kisah yang menceritakan tentang penyesalan membawa handphone rusak ke service abal-abal atau tukang service yang nakal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan