Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Mengulas Sejuta Kenangan Media Sosial Populer di Indonesia

12 Februari 2021   18:56 Diperbarui: 19 Februari 2021   17:31 341 28 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengulas Sejuta Kenangan Media Sosial Populer di Indonesia
Ilustrasi media sosial yang pernah digandrungi orang-orang. (sumber: ftadviser.com via kompas.com)

Seiring perkembangan teknologi khususnya telepon genggam, pola komunikasi tidak lagi menitikberatkan pada telepon atau pesan singkat atau SMS. Kini sosial media telah memegang peranan penting sebagai media komunikasi dan hiburan. 

Saya mencoba mem flashback kenangan saat menggunakan beberapa sosial media yang pernah saya gunakan selama ini. Begitu banyak kisah dan kenangan yang berkesan seiring munculnya berbagai sosial media. 

Ibarat circle, kemunculan media sosial baru akan menggantikan medsos yang lama. Ada yang naik daun dan beralihnya penggunaan medsos satu ke medsos lainnya yang dianggap lebih mempuni. 

Saya mengingat kembali apa saja medsos yang pernah atau masih digunakan hingga saat ini dan kenangan apa yang pernah tercipta dari medsos tersebut. 

#1. Yahoo! Messanger

Yahoo! Messanger (YM) menjadi salah satu sosial media pertama yang saya gunakan. YM sempat populer saat SMA hingga masa kuliah dimana pengguna bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui email Yahoo. 

Kenangan saya dengan YM adalah ketika mengirim laporan saat kuliah vis email. Seringkali saya juga berkomunikasi dengan teman yang juga sedang aktif di YM. Cukup melihat list dan akan muncul icon berwarna hijau jika ada teman sedang online. 

# 2. Facebook Messenger

Seiring meningkatnya popularitas Facebook di kalangan anak muda. Facebook mulai meningkatkan fungsi lain dengan menyematkan Facebook messenger. Pengguna cukup berteman melalui Facebook dan mendownload aplikasi Facebook Messenger atau menggunakan ikon chat di FB dan bisa berkomunikasi dengan teman atau orang lain di FB. 

Kenangan saya dengan FB Messenger adalah saat ikut lomba foto yang membutuhkan dukungan. Saya seringkali menyusahkan teman dengan chat mereka melalui FB Messenger untuk membuka link dan memberikan nilai terhadap lomba tersebut. Puji Tuhan ada lomba foto yang juara karena dukungan teman FB.

#3. BlackBerry Messenger (BBM)

BlackBerry sempat merajai penjualan telepon seluler di Indonesia dan menggeser Nokia yang sempat di puncak produk telepon seluler selama bertahun-tahun. Kelebihan BB karena adanya fitur BBM yang saat itu bisa mengirim foto atau video kepada sesama pengguna BBM. 

Seorang Wanita Sibuk Bermain Sosial Media. Sumber Uzone.id
Seorang Wanita Sibuk Bermain Sosial Media. Sumber Uzone.id

Istilah Ping! atau sekedar menulis huruf P sebagai kata pengantar chat masih digunakan saat ini. Bahkan pengguna bisa melihat aktivitas orang lain dan status orang lain dari postingan status di BBM. Sayangnya BBM harus menghentikan kisahnya pada 31 Mei 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN