Mohon tunggu...
Indira Abidin
Indira Abidin Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Bukan Semata Kepatuhan, tapi Komitmen

30 Oktober 2017   16:40 Diperbarui: 30 Oktober 2017   16:42 1602
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Komitmen warga: bagaimana cara membangunnya? Kenapa hal itu penting?

Komitmen dalam sebuah organisasi mencerminkan tingkat kedekatan warga (karyawan) dengan perusahaannya. Mereka yang memiliki komitmen tinggi terhadap perusahaannya adalah mereka yang merasa bahwa mereka cocok bekerja di perusahaan tersebut, dan mengerti tujuan perusahaan.

Mereka lebih produktif, proaktif, inisiatif dan menunjukkan usaha yang besar untuk berhasil dalam perusahaan tersebut.

Kenapa penting?

Karena mereka memberikan nilai tambah yang besar bagi perusahaan melalui tekad mereka, dukungan proaktif, produktivitas dan kualitas kerja yang relatif lebih tinggi disbanding yang lain. Mereka lebih sehat, karena mereka happy dan tidak menghadapi konflik-konflik yang tak penting dalam bekerja. Karyawan yang berkomitmen menunjukkan perilaku positif di dalam perusahaan, mampu memberi masukan kepada perusahaan secara positif  dan mengadopsi visi dan sasaran perusahaan  (baik secara profesional maupun pribadi).

Mereka lebih kerasan dan menyenangi pekerjaannya, dan akhirnya loyal.

Dengan demikian perusahaan menikmati turn over yang lebih rendah, lebih hemat dalam mencari talent terbaik, tak usah susah-susah bolak balik harus rekrutmen, dan punya kesempatan membangun rising stars dari dalam, daripada mencari dari luar dengan harga mahal. Perusahaan menikmati biaya pengobatan yang lebih sedikit dan akhirnya kinerja serta inovasi yang lebih tinggi.

Hemat, lebih baik reputasinya dan lebih besar kemungkinan maju dalam dunia disruption. Penting kan?

Berdasarkan survei hal-hal di bawah ini sangat penting untuk membangun komitmen seluruh warga:

  • Tujuan  perusahaan yang jelas

Tahukah anggota team anda, perusahaan mau di bawa ke mana? Apa dreams nya? Visi missi dan values nya? Apakah tujuan perusahaan hanya ada di poster, annual report dan tak pernah ada di dalam hati, pikiran dan diskusi-diskusi sehari-hari? Apakah tujuan tersebut juga selaras dengan tujuan mereka secara pribadi dan mendasari semua passion dan gairah kerja mereka sehari-hari?

Tujuan usaha yang jelas, selaras dengan tujuan pribadi setiap anggota team membangun kelancaran dan kemudahan dalam bekerja secara proaktif, penuh gairah, efisien dan positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun