Mohon tunggu...
Indah Yulianti_12
Indah Yulianti_12 Mohon Tunggu... Mahasiswa

no trying to stop, no stoping to try

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Semua Agama Benar

29 Maret 2020   09:41 Diperbarui: 29 Maret 2020   09:50 128 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semua Agama Benar
dokumentasi pribadi

Indonesia merupakan negara multikulturalisme, tidak hanya beragam budaya maupun suku, akan tetapi juga agama. Bagaimana mereka bisa hidup di lingkungan yang sama berdampingan tanpa membedakan yang satu dengan yang lainnya. Bertegur sapa layaknya tidak ada perbedaan di antara mereka.

Minggu 15 maret 2020 saya mengunjungi Gereja katedral santa maria dan sedikit berbincang -- bincang bersama Romo Jemmi

Alamat: Jl. Buring No.60, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang , Jawa Timur 65112

Provinsi: Jawa Timur

Telepon: (0341)362454

Indonesia negara Kesatuan yang tidak membedakan antara penduduk dan masyarakatnya, di bawah semboyan "Bhinneka Tunggal ika" Indonesia terdiri dari beberapa agama khususnya enam  agama. 

Bisakah mereka hidup berdampingan tanpa adanya toleransi?, Menurut Romo Jemmi "Toleransi antar umat beragama itu beragam dalam artian ada tempat-tempat tertentu, tingkat  toleransinya tinggi satu sama lain keterbukaan nya tinggi namun, ada juga yang tidak . tergantung pada kultur masyarakat yang bersangkutan".

Karena Indonesia dibangun  atas dasar dari berbagai Suku, Agama, Ras dan  berbagai golongan. Indonesia juga termasuk negara yang well come dengan banyak suku maupun kelompok yang masuk, apabila memang benar-benar masyarakat lokal, maka tingkat toleransinya tinggi namun apabila bukan terdiri dari kelompok lokal (pendatang), maka tingkat toleransinya rendah karena sudah terkontaminasi oleh paham-paham tertentu.

Dalam agama kristen katholik, mereka juga menjunjung tinggi toleransi dan merupakan suatu hal yang harus di perjuangkan. Setiap orang harus menjalin cinta kasih satu sama lain, tidak memandang golongan apapun dalam artian mereka harus menghargai secara pribadi, tidak boleh mendeskriminasi kelompok tertentu.  

Agama kristen juga  mengajarkan bahwa orang yang melakukan kebaikan, kebajikan, dan siapapun yang menanamkan cinta kasih, mereka adalah orang-orang yang berhak mendapatkan keselamatan. 

Jadi, penghargaan satu sama lain sangatlah kuat, karena mereka juga  harus terbuka menerima satu sama lain, karena keimanan atau kepercayaan adalah pilihan dari pribadi masing-masing dan tidak ada unsur paksaan di dalamnya. Mereka juga menjaga kerukunan antar sesama manusia dengan cara mengenal, memahami, dan mengerti satu sama lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x