Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Manfaat Selada Air untuk Kesehatan Tubuh

31 Januari 2023   20:34 Diperbarui: 31 Januari 2023   20:36 2347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Manfaat selada air untuk kesehatan tubuh (Dokumen Pribadi)

Hari ini saya masak tumis selada air. Tentunya pembaca tahu kan, tumbuhan selada air? Selada air memiliki nama latin Nasturtium microphyllum. Orang juga mengenalnya dengan sebutan jembak (Jawa). Tumbuhan ini bersifat aquatik atau semi aquatik dan merupakan tumbuhan menahun yang cepat tumbuh. Asal selada air adalah Eropa dan Asia.

Selada air tumbuh liar di sungai-sungai yang alirannya jernih. Batangnya berwarna hijau dan banyak mengandung air, serta daunnya kecil-kecil berbentuk bulat keriting. Ada yang bilang bahwa tumbuhan ini dapat menjadi indikator perairan yang belum tercemar, sebab ia hanya dapat tumbuh di badan air yang bersih. 

Menurut wikipedia, tumbuhan ini merupakan sayuran daun tertua yang dimakan manusia. Selada air mengandung sulfur, nitrogen dan yodium serta memiliki manfaat untuk pencuci darah sehingga bagus dikonsumsi penderita liver dan ginjal.

Selain tumbuh alami di sungai-sungai, selada air juga dapat dibudidayakan sendiri. Bijinya sudah banyak dijual di toko-toko pertanian. Selain dari bijinya, kita juga dapat menanamnya dari tumbuhan yang sudah tua, dengan menancapkannya di tanah. Maksud saya jika Anda membeli selada air, sisa batang yang masih ada akarnya dapat ditumbuhkan lagi.

Sambil mempersiapkan sayuran selada air yang saya beli, saya memikirkan mengapa saya sangat menyukai sayuran ini. Pertama bentuknya lucu dan daunnya hijau segar. Memandangnya saja sudah senang. Kedua, rasanya cukup enak di lidah saya dan teksturnya kalau dimakan krenyes-krenyes.

Walaupun suka, tapi saya tidak terlalu sering memasaknya, karena selada air jarang dibawa oleh daeng penjual sayur. 

Ternyata setelah saya baca-baca artikel terkait selada air, saya baru sadar kalau manfaat selada air ini sangat banyak untuk kesehatan tubuh, lho. Wah, jadi makin sayang dan semangat memakannya. Besok masak lagi ah, kalau daeng bawa selada air lagi.

Selain memiliki manfaat sebagai pencuci darah seperti yang saya sebutkan tadi, manfaat selada air lainnya adalah:

1. Mencegah penyakit kronis

Bagaimana bisa tumbuhan yang daunnya kecil-kecil itu dapat mencegah penyakit kronis? Ternyata selada air mengandung banyak antioksidan alami yaitu fenol dan flavonoid. Antioksidan berperan sebagai pelindung tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga tubuh terhindar dari penyakit diabetes, jantung, dan kanker.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun