Mohon tunggu...
Indah Novita
Indah Novita Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Rangkap Tugas Artinya Kamu Berkualitas

11 Agustus 2021   15:16 Diperbarui: 11 Agustus 2021   21:40 240 35 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rangkap Tugas Artinya Kamu Berkualitas
Ilustrasi ritme kerja di kantor (Sumber: pexels)

Dinamika Kerja di Lembaga Litbang

Saya bekerja sebagai ASN di sebuah lembaga litbang kehutanan. Sebagai lembaga litbang, tugas pokok dan fungsi yang dijalankan tentunya yang berkaitan dengan kegiatan litbang atau penellitian dan pengembangan. ASN yang bekerja di kantor saya, terbagi menjadi tiga bagian yaitu bagian struktural, fungsional, dan tenaga kontrak.

Bagian struktural terdiri dari kepala balai (kepala kantor), 3 kepala seksi, dan 1 bagian tata usaha. 

Seksi dan tata usaha ini memiliki beberapa staf. Bagian fungsional sebagian besar diisi oleh jabatan fungsional peneliti dan teknisi. Tenaga kontrak terdiri dari bagian kebersihan, keamanan, driver, dan 2 staf di bagian struktural.

Pada awal tahun, ritme kegiatan di kantor adalah pembahasan proposal penelitian, lalu sekitar Maret pelaksanaan kegiatan penelitian, April - Mei olah data, November penyusunan laporan penelitian, dan Desember laporan dibahas. Begitu berulang setiap tahunnya walau kadang kendala selalu ada sehingga ketepatan waktu tidak selalu dapat dipastikan. 

Selain kegiatan penelitian dari dana APBN, beberapa peneliti juga menangani penelitian kerja sama dengan pihak luar.

Kantor saya bukanlah kantor pelayanan publik, kalaupun ada bagian yang melayani publik secara langsung, biasanya tidak rutin. 

Pelayanan publik yang dilakukan sebatas pelayanan laboratorium silvikultur, perpustakaan, bimbingan studi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan penelitian. 

Beban kerja seorang peneliti di kantor saya, jika ia merupakan penanggung jawab suatu kegiatan penelitian, menurut saya sangat cukup diberikan waktu pengerjaan penelitian dalam jangka satu tahun anggaran. Ia bisa sepenuhnya mencurahkan waktunya untuk kesempurnaan kegiatan penelitian yang ia pegang. 

Namun ada kalanya peneliti merangkap, misalnya sebagai penanggung jawab di satu kegiatan penelitian dan sebagai pembantu di kegiatan penelitian yang lain. Ada juga peneliti yang merangkap sebagai koordinator kelti (kelompok peneliti). Ada juga peneliti yang merangkap atau diperbantukan di seksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan