Media Indah E. L
Media Indah E. L Digital Marketer

I love to taking pic. But I love writing too...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Alasan dan Cara Ampuh Dapatkan Modal Usaha dari Investor

13 Maret 2018   13:24 Diperbarui: 21 Maret 2018   09:28 619 1 0
Alasan dan Cara Ampuh Dapatkan Modal Usaha dari Investor
Ilustrasi: Bertemu investor (Freepik.com)


Untuk membangun dan menjalankan sebuah bisnis, seorang pebisnis pemula tidak selalu menemukan keberhasilan. Banyaknya kompetitor dan modal usaha yang terbatas membuat pebisnis-pebisnis muda tersebut bersaing dengan menciptakan ide-ide kreatif agar bisnis yang dijalankan sukses.

Namun, sebagian besar pebisnis pemula tersebut juga tidak berani untuk mengambil resiko yang tinggi yaitu misalnya dengan mencari investor untuk menanamkan modal. Mereka berpikir, mencari investor tidaklah mudah,

Adapun beberapa alasan  Anda membutuhkan modal dari investor. 

1. Menjaga arus kas

Ilustrasi: Menjaga uang kas agar perusahaan berkesinambungan (Freepik.com)
Ilustrasi: Menjaga uang kas agar perusahaan berkesinambungan (Freepik.com)

Bagi Anda pebisnis pemula, menjaga arus kas adalah hal yang penting dan merupakan tantangan terbesar sebuah perusahaan. Untuk membayar biaya-biaya operasional, gaji karyawan, berbagai tagihan-tagihan yang perlu dibayar, Anda memerlukan arus kas agar perusahaan tetap berjalan.

Ketika informasi mengenai bisnis Anda belum tersebar ke publik, Anda tentu membutuhkan biaya untuk pemasaran, hingga re-stock barang  sementara pemasukan baru bisa Anda dapat sebulan lagi, berarti Anda membutuhkan dana modal tambahan baik dari investor ataupun pinjaman.

2. Persiapan

Ilustrasi: Pilihan untuk persiapan dalam menghadapi kejadian yang tidak diinginkan (Freepik.com)
Ilustrasi: Pilihan untuk persiapan dalam menghadapi kejadian yang tidak diinginkan (Freepik.com)
Anda dapat mempertimbangkan apa saja yang Akan terjadi dengan keadaan pasar saat ini. Turun naiknya permintaan barang serta tren yang ada di dunia membuat semua dapat berada diluar prediksi.

Pentingnya modal tambahan untuk mengantisipasi berbagai persiapan dan menjadi pegangan apabila sewaktu-waktu terjadi kerjadian yang tidak Anda inginkan.

3. Ekspansi bisnis

Ilustrasi: Expansi bisnis dnegan membuka banyak cabang usaha (Freepik.com)
Ilustrasi: Expansi bisnis dnegan membuka banyak cabang usaha (Freepik.com)
Dalam menjalankan suatu bisnis yang baik, Anda tentu akan mengalami peningkatan penjualan dan mudah mendapatkan keuntungan. Apabila itu terjadi maka bisnis Anda perlu untuk melakukan ekspansi bisnis.

Apabila mendapatkan modal dari pinjaman atau investor, Anda dapat melakukan ekspansi bisnis tanpa mengganggu arus kas dan biaya operasional.

Berikut adalah beberapa langkah ampuh untuk mendapatkan modal dari investor.

1. Membuat strategi usaha

Ilustrasi: Usaha membutuhkan strategi agart tetap bertahan (Freepik.com)
Ilustrasi: Usaha membutuhkan strategi agart tetap bertahan (Freepik.com)

Langkah awal adalah dengan membuat profil perusahaan yang menjelaskan perusahaan. Setiap perusahan pasti ingin bisnis yang maju dan berkembang pesat. Ini membutuhkan tambahan modal usaha yang banyak.

Jika Anda ingin mendapatkan modal dari investor, Anda perlu membuat strategi usaha yang Anda jalankan pada bisnis Anda sehingga investor tertarik. Anda perlu memperhatikan setiap detail strategi usaha yang Anda buat. Strategi usaha yang baik akan mencerminkan prospek usaha yang besar di kemudian hari.

2. Membuat laporan keuangan

Ilustrasi: Laporan keuangan (Freepik.com)
Ilustrasi: Laporan keuangan (Freepik.com)

Jika seorang investor telah setuju dan menanamkan modalnya pada perusahaan Anda, investor tersebut berharap bisa mendapatkan profit dari usaha tersebut.

Dengan melihat laporan keuangan bisnis Anda, para investor akan mempertimbangkan dengan matang kerugian dan keuntungan yang akan mereka dapat.

Mereka akan mengamati perjalanan arus kas perusahaan. Melalui laporan tersebut, mereka dapat melihat prospek perusahaan 3-5 tahun kedepan. Oleh karenanya, buatlah laporan keuangan sedetail mungkin dengan berisi kas, utang, laba rugi, aktiva tetap dan aktiva lancar secara terpisah dan jelas.

3. Mengajukan proposal

Ilustrasi: proposal kepada investor (Freepik.com)
Ilustrasi: proposal kepada investor (Freepik.com)

Proposal adalah sebuah usaha yang menjembatani perusahaan kepada investor. Fungsi proposal adalah untuk mencari tambahan modal usaha baik untuk mencari investor ataupun meminjam dana.

Proposal yang menarik dan sesuai dengan situasi usaha akan memberikan dampak yang besar terhadap penilaian perusahaan oleh investor.

Adapun isi laporan yang menarik adalah berisi detail terkait visi dan misi perusahaan yang Anda jalani, arus keuangan perusahaan, laba rugi dan rencana strategis perusahaan beberapa tahun ke depan.

4. Presentasi yang menarik

Ilustrasi: Presentasi yang menarik membantu pebisnis mendapat modal dari investor (Freepik.com)
Ilustrasi: Presentasi yang menarik membantu pebisnis mendapat modal dari investor (Freepik.com)

Apabila ingin menarik hati calon investor, Anda dapat mempresentasikan proposal yang sudah Anda susun. Presentasi berpengaruh sangat besar terhadap investor dibandingkan dnegan sekedar tulisan dalam proposal.

Buatlah presentasi yang tidak rumit atau simple, tidak banyak tulisan, tambahkan beberapa animasi atau gambar sehingga investor dapat lebih fokus kepada presentasi dan penjelasannya.

Yang paling penting, jelaskan secara detail mengenai detail manajemen keuangan, prospek usaha dan tim kerja perusahaan Anda.

5. Jelaskan resiko usaha

Ilustrasi: Investor harus mengetahui resiko perusahaan tempat ia akan menanam modal (Freepik.com)
Ilustrasi: Investor harus mengetahui resiko perusahaan tempat ia akan menanam modal (Freepik.com)
Semua bisnis besar ataupun bisnis kecil memiliki resiko sesuai dengan bidang usahanya. Jelaskan secara detail resiko tersebut pada calon investor jika ingin mendapatkan tambahan modal usaha. Investor perlu tahu hambatan apa yang akan dialami perusahaan dan mungkin saja bisa memberikan solusi untuk mengurangi resiko usaha tersebut.

Investor akan sangat menghargai pebisnis yang jujur dan dapat diajak bekerjasama untuk dapat diajak bekerjasama.

6. Mengikuti pameran dan lomba

Ilustrasi: Mengikuti Pameran (Kontan.co.id)
Ilustrasi: Mengikuti Pameran (Kontan.co.id)

Mengikuti pameran dan lomba dalam bidang bisnis sangat disarankan dalam mencari investor guna mendapatkan modal perusahaan. Jika bisnis Anda sudah berjalan, silahkan pamerkan produk Anda  di pameran dan jelaskan juga konsep bisnis Anda sehingga para investor bersedia menanamkan modal di perusahaan Anda.

Jadi, pencatatan aliran kas dalam suatu pembukuan sangat penting dilakukan. Saat ini Anda tidak perlu susah untuk membuat pembukuan karena banyak tersedia program akuntansi. SISCOM Software Akuntansi Online adalah software akuntansi yang menawarkan berbagai kemudahan pada Anda. 

Selain mempermudah pebisnis dalam melakukan kontrol stok persediaan, mengevaluasi laba dan rugi, SISCOM juga membantu Anda dalam pembuatan laporan keuangan sehingga dapat selesai dengan cepat dan tepat. Laporan keuangan yang baik akan membuat para investor tidak segan-segan untuk menanamkan modalnya di perusahaan Anda sehingga bisnis Anda akan lancar dengan modal tambahan.

Untuk info lebih lengkap silahkan klik di sini