Mohon tunggu...
Indah Destriani Rahayu
Indah Destriani Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanya manusia biasa.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (21107030108), Gadis asal Bandung yang hobi bersenandung.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Pesona Langit Senja Pantai Cinta Parangkusumo dan Kisah Mistisnya

14 Juni 2022   20:33 Diperbarui: 14 Juni 2022   20:36 976 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keindahan Senja di Pantai Parangkusumo (dokumentasi pribadi)

Anak muda jaman sekarang banyak sekali yang menjadi penikmat waktu senja. Karena diwaktu senja ini langit terlihat begitu cantik dan romantis. Anak senja, begitu sebutan untuk orang yang senang menikmati senja. Mereka biasanya menikmati keindahan langit senja sambil ditemani secangkir kopi dan beberapa bait puisi yang dibuatnya.

Berbicara soal senja, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati keindahan langit senja. Salah satunya adalah pantai. Banyak orang yang mengunjungi pantai diwaktu senja, karena di pantai kita bisa melihat proses terbenamnya matahari dengan sempurna. Pantai Parangkusumo menjadi salah satu pantai yang bisa kalian kunjungi untuk menikmati cantiknya langit senja.

Pantai Parang Kusumo merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Yogyakarta yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai Parangkusumo ini berjejer dengan pantai-pantai lainnya di bagian selatan kota Jogja seperti Pantai Parangtritis, Pantai Depok dan pantai-pantai cantik lainnya.

Waktu yang tepat untuk datang ke Pantai Parangkusumo ini adalah sore hari. Karena kalian bisa menikmati indahnya langit senja saat matahari mulai tenggelam. 

Terik matahari yang emmudar dan kemudian berubah menjadi cahaya keemasan, jika beruntung juka terkadang langit berwarna merah muda menuju ungu yang kemudian akan menghilang perlahan-lahan ditelan kegelapan.

Kalian bisa duduk di pasir halus yang membentang lebar disepanjang pantai dengan pasangan sambil menikmati es kelapa muda membuat nuansa semakin hangat dan romantis.

Keindahan Parangkusumo ini sangat mempesona dan menenangkan. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi pantai bagi kalian yang ingin menikmati keindahan alam untuk menghilangkan penat. 

Bukan hanya pesona alamnya yang luar baisa, di pantai ini juga kalian bisa bebas menikmati aktivitas lain seperti berenang, berjemur, bermain pasir, berfoto ria dan menikmati fasilitas lain yang di sediakan.

Selain terkenal akan keindahannya, Pantai Parangkusumo juga terkenal dengan cerita yang berbau mistis terkait banyak hal seperti adanya ratu pantai selatan Nyi Roro Kidul dan mitos pesugihan. 

Nuansa sacral di pantai ini memang sangat terasa, kesakralan panati ini akan semakin terasa ketika kalian melihat adanya taburan kembang setaman dan serangkaian sesajen di Batu Cinta yang terletak di dalam Puri Cepuri, tempat Panembahan Senopati bertemu dengan Ratu Kidul dan membuat perjanjian. Karena adanya peretemuan antara ratu Kidul dan Senopati yang berujung jatuh cinta inilah yang membuat pantai ini disebut juga sebagai Pantai Cinta.

Pertemuan Senopati dengan Ratu Kidul mempunyai rangkaian cerita yang unik dan berpengaruh terhadap hubungan antara Kraton Yogyakarta dengan Kraton Bale Sokodhomas yang dikuasai Ratu Kidul. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan