Bimbingan belajar merupakan kegiatan pembelajaran informal yang bertujuan untuk membantu kesulitan yang dihadapi siswa atau pembelajaran tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Setiap orang memiliki kewajiban yang harus dilakukan sepanjang hidupnya, yakni belajar. Kebutuhan siswa untuk belajar tentunya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kekurangan atau meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, banyak orang tua yang mendaftarkan anak-anaknya untuk menambah intensitas belajarnya ke lembaga bimbingan belajar. Ada beberapa alasan mengapa orang tua mendaftarkan anaknya ke bimbingan belajar, yaitu pembelajaran daring saat ini dirasa belum cukup membantu kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Selain itu, siswa lebih merasa nyaman ketika memiliki kesulitan untuk bertanya kepada tutor tentang tugas atau materi yang belum dipahami di sekolahnya.
Bimbingan belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu lembaga untuk memberikan bantuan kepada peserta didik (siswa) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi atau hasil belajar yang lebih optimal. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh siswa dengan mengikuti bimbingan belajar diantaranya, meningkatkan prestasi siswa, menambah pemahaman terhadap materi yang dianggap sulit, dan meningkatkan kemampuan untuk bersosialisasi. Selain itu, siswa mendapatkan pengalaman baru dengan belajar di bimbingan belajar karena dapat bertukar ide, berbagi pengalaman, baik dengan tutor maupun dengan siswa yang lainnya.
Kemampuan untuk memahami dan prestasi setiap siswa berbeda-beda. Hal ini menjadi perhatian para orang tua untuk mendaftarkan anak-anaknya mengikuti bimbingan belajar sebagai solusi untuk menghadapi kesulitan dalam belajar. Ada  beberapa ciri dari bimbingan belajar, yaitu bimbingan merupakan suatu usaha untuk membantu perkembangan individu secara optimal, bantuan diberikan dalam situasi yang bersifat demokratis terutama dalam penentuan tujuan-tujuan perkembangan yang ingin dicapai oleh individu, serta meningkatkan kemampuan individu agar dia sendiri dapat menetukan keputusan dan memecahkan masalahnya sendiri.
Untuk mengoptimalkan perkembangan belajar siswa, perlu diberikan bimbingan belajar. Biasanya, pihak sekolah sebagai lembaga pendidikan anak memberikan layanan bimbingan belajar dengan tujuan agar siswa-siswanya mampu menyesuaikan diri dengan situasi pendidikan yang saat ini sedang dihadapinya. Bimbingan belajar dengan menerapkan prinsip dan teknik bimbingan dan konseling berfungsi memahami potensi dan kemampuan siswa, mengembangkannya kearah pengembangan yang sesuai dengan potensinya, mengoptimalkannya melalui bantuan-bantuan pengarahan, penyesuaian, dan melepaskan diri dari kesulitan. Bimbingan belajar diharapkan dapat membantu segala permasalahan yang dimiliki siswa baik yang berhubungan dengan materi yang dianggap sulit maupun kepribadian atau karakter serta mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa.
Tujuan bimbingan belajar adalah untuk membantu mengoptimalkan kemampuan siswa dan memecahkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Secara garis besar, tujuan bimbingan belajar dibagi menjadi dua, yaitu tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek. Tujuan jangka panjang dari bimbingan belajar adalah agar para siswa mencapai perkembangan yang optimal dalam arti perkembangan yang setinggi-tingginya sesuai dengan potensi-potensi yang dimilikinya. Sedangkan tujuan jangka pendeknya adalah siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dirinya dan arah perkembangan dirinya, memiliki kemampuan dalam memilih dan menentukan arah perkembangan dan mengambil keputusan yang tepat bagi dirinya, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dan memiliki produktivitas serta kesejahteraan hidup.
SEJARAH BIMBINGAN BELAJAR ALFATIHÂ
Bermula waktu itu kami menjadi mahasiswa di Universitas Sriwijjaya, pada tahun 2017 muncullah sebuah ide untuk membangun sebuah usaha, ide untuk usaha membangun sebuah bimbingan belajar. Ternyata di Universitas Sriwijaya juga ada fasilitasnya ialah program kewirausahaan manusia pada saat itu.
Dan pada saat itu fasilitas dana dari Universitas Sriwijaya dengan syarat mahasiswa harus mengajukan proposal yang memiliki usaha ataupun baru yang ingin mendirikan usaha, nanti kalo misalnya sudah lulus akan diberi dana dari UNSRI. Pada saat tahun 2017 mengajukan proposal tapi karna ada suatu hal waktu itu masih kurang tanda tangan jadi proposal kami tidak diterima karna kami mengumpulkan proposal waktu itu H-1 jadi habis waktu (kata M.Imam Ilman,S.E).
Dan pada tahun 2018 program kewirausahaan manusia itu ada lagi dibuka pendaftaran untuk mengajukan proposal lagi, dengan berbagai perbaikan proposal kami Alhamdulillah berhasil mendapat pendanaan. Karna program tadi harus dijalankan untuk monitoring dan mengevaluasi dana tadi dipakai untuk apa sebagai bukti. Pertama kami membangun usaha bimbingan belajar di desa Sritanjung, dengan menyewa kontrakan yang dibilag cukup kecil dan pada saat itu murid yang belajar di bimbel alfatih Cuma 5 orang, dengan segala cara mempromosikan kegiatan bimbingan belajar ternyata banyak sekali yang berminat untuk belajar. Jadi akhirnya kami pindah kerumah yang lebih besar Alhamdulillah bimbel alfatih sekarang sudah banyak siswanya. Karena melihat banyak peminat yang ingin belajar jadi buka lah lagi pendaftaran buka cabang di Tanjung batu awal awal sama seperti di desa Sritanjung siswa nya Cuma sedikit tapi karna promosi promosi terus Alhamdulillah lama lama siswa nya bertambah ternyata di tanjung batu banyak juga orang tua yang percaya untuk anaknya belajar di bimbel.
MOTIVASI UNTUK MEMBANGUN BIMBINGAN BELAJAR
Karena belum adanya Bimbel yang ada di kecamatan Tanjung Batu. Banyak orang tua yang mengeluh untuk bias membantu anaknya belajar lebih ekstra dari sekolah. Tentunya peranan bimbel sangat dibutuhkan dalam hal ini. Jika siswa belajar bimbel dikabupaten, jarak yang menjadi kendala, dan perlu biaya tambahan untuk menempuh jarak tersebut.
TUJUANÂ
Memfasilitasi siswa siswa yang ingin belajar lebih ekstra dari sekolah sehingga lebih berprestasiÂ
Membantu siswa siswa agar dapat menyelesaikan masalah kesulitan belajar di sekolah
Memberikan peluang pekerjaan khususnya dalam bidang pendidikan.
JUMLAH GURU / TUTOR YANG MENGAJAR
Cabang Tanjung Batu dan Sritanjung berjumlah 12 orang dengan latar belakang sarjana pendidikan
KEGIATAN BIMBEL ALFATIH
Belajar dan mengajar
Memperingati hari hari nasional dengan lomba lomba seperti kegiatan 17 agustus, hari kartini, dll
Waktu bulan Ramadhan ialah buka bersama, isra' mi'raj, dll
Dan kegiatan menarik lainnya.
JUMLAH SISWA
Untuk siswa cabang Tanjung Batu lebih kurang 70 siswa
Untuk siswa cabang Sritanjung lebih kurang 100 siswa
Untuk yg siswa SMA dri kelas 1-3 belum termasuk, jadi jumlah keseluruhan siswa bimbel alfatih lebih kurang 170 siswa lebih
FASILITAS
Ruang belajar yang nyaman
Meja
Papan tulis
Spidol
Untuk fasilitas utama kegiatan belajar mengajar
Galon untuk minum
Kipas angina
Dll
Untuk fasilitas pendukung
DAMPAK COVID APAKAH MEMPENGARUHI KEGIATA BIMBEL.
Dengan adanya covid jadi para siswa sekolahnya melalui handphone atau sekolah dari rumah (daring). Salah satu dampak terbesar dari pembelajaran daring bagi siswa adalah keterbatasan komunikasi langsung atau tatap muka antara guru dan siswa.Â
Keterbatasan komunikasi langsung ini membuat bimbingan belajar berperan penting dalam mengurangi keresahan siswa yang memiliki daya tangkap rendah. Banyak orang tua siswa percaya untuk memasukkan anaknya ke bimbingan belajar, jadi dampak covid bagi bimbel ialah dampak positif karna banyak siswa yang mendaftar untuk belajar di bimbel alfatih.
PRESTASI SISWA BIMBEL ALFATIH
Mendapatkan mendali pada Olimpiade Kimia tingkat Nasional SMA
Memenangkan KSN pada beberapa bidang tingkat Kabupaten\ Provinsi (SMP dan SMA)
HARAPAN KEDEPANNYA UNTUK BIMBEL ALFATIH
Semoga bimbel alfatih dan melebarkan lagi sayap sayapnya melalui cabang dibebrapa tempat sehingga banyak membantu siswa yang ingin belajar lebih ekstra ataupun kesulitan dalam menerima pelajaran di sekolah. Serta dapat mensejahterakan dan meningkatkan integritas tutor tutor dan semua pihak yang ikut andil dalam bimbel ini.
Untuk jadwal belajar bimbel alfatih pada hari jum'at sabtu dan minggu
Hari jum'at (kelas literasi)
Hari sabtu dan minggu ( kelas Literasi, kelas 1 SD -- kelas 3 SMP)
Kegiatan belajar dari jam 08.00 pagi -- jam 16.00 sore.
Struktur bimbingan belajar Al-Fatih
Owners
1. Izzati, S.Pd (kadept, akademik dan kurikulum)
2. Elva Silvia, S.P ( kadept administrasi dan keuangan)
3. M. Imam Ilman, S.E ( kadept. HRD dan marketing)
4. Rahmad Ramadhon, S.P (kadept. Media dan Informasi)
Tutor atau guruÂ
Pegi Melati, S.Pd
Dita Fuji Lestari, S.Pd
Warobi, S.Pd
Elsa Saputri, S.Pd
Tuti Alawiyah,S.Pd
Sulis damayanti
SatriyanaÂ
Desi Kurnia, S.Pt
Mar'atus syakdiah
Admin : Imelda
Dokumentasi ketika observasi
Tulisan ini di tulis oleh : Imelda
Fakultas keguruan dan ilmu pendidikanÂ
Prodi pendidikan luar sekolah