Mohon tunggu...
SERIKAT PERS
SERIKAT PERS Mohon Tunggu... Jurnalis - Media Publik Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Sulawesi Selatan

Media Umum SPRI Sulsel

Selanjutnya

Tutup

Makassar

Lurah Daya Nuralam Canangkan 4 Titik Lokasi Lorong Wisata

6 Juli 2022   13:40 Diperbarui: 6 Juli 2022   13:57 302 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(dokpri) Lurah Daya Nuralam Canangkan 4 Titk Lokasi Longwis di Wilayahnya, Selasa (5/7/2022).

Nuralam A, SE, MM, selaku Lurah Daya yang cukup dikenal dengan Lurah Inspiratif di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, kini mencanangkan empat titik lokasi lorong wisata (longwis) di wilayahnya. Longwis merupakan salah satu program andalan Pemerintah Kota Makassar.

Sambil berkeliling dan memantau usai giat kerja bakti bersih-bersih sekaligus menyapa warga, Selasa (5/7/2022), Nuralam yang didampingi staf sekaligus tim lainnya memantau persiapan titik lokasi program lorong wisata yang telah di verifikasi masing-masing diberi label nama.

Ada Lorong wisata Bersinar, dikawasan ini warganya banyak sebagai pegiat dari UMKM letaknya di Jalan Balangturungan RT. 001 RW. 004. Kemudian Longwis Pendidikan yang mana kawasan ini terintegrasi dengan sekolah yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan RT. 004 RW. 004. Lalu yang Lorong ketiga yakni Longwis Mabello yang mana kawasan ini terintegrasi dgn Kebun Lorong yang terletak di Komplek Kumala Sari RT. 006 RW. 007. Serta  Lorong Romang Daya yang merupakan lorong wisata yang terintegrasi dengan ekonomi produktif industri kecil dan menengah dalam pembuatan peti jenazah  yang titiknya terletak di Jalan Muda Mudi RT. 003 RW. 003.

Lorong wisata merupakan program andalan Pemkot Makasssae (dok pribadi)
Lorong wisata merupakan program andalan Pemkot Makasssae (dok pribadi)

Ke depan, lorong potensi wisata ini akan dihiasi dengan lukisan-lukisan menarik dan penghijauan agar lebih bersih, asri dan indah.

"Kami selaku lurah hanya memfasilitasi program ini dan selanjutnya lorong akan di verifikasi oleh OPD (organisasi perangkat daerah) terkait untuk diberikan penilaian mana yang layak untuk bisa dijadikan lorong wisata" kata Nuralam disambut antusias para warga sekitar.

Adapun potensi andalan kawasan Daya adalah aneka sajian kuliner yang terdapat di kawasan loron bersinar yakni gado-gado, sop ubi, aneka minuman, bakso bakar, nasi kuning dan aneka kue  tradisional, salah satunya putu cangkiri. Kue tradisional ini diharap menjadi brand tersendiri bagi wisatawan untuk menjadikannya oleh-oleh atau bingkisan.

Lorong wisata (longwis) ditata sebaik mungkin agar bisa menjadi daya tarik wisatawan jika telah di verifikasi OPD (dok pribadi)
Lorong wisata (longwis) ditata sebaik mungkin agar bisa menjadi daya tarik wisatawan jika telah di verifikasi OPD (dok pribadi)
Sekadar informasi, Kelurahan Daya terdiri dari sembilan RW dan tiga puluh delapan RT. Memilki jumlah penduduk 6.125 jiwa dengan jumlah KK 2.064.

Selain itu Kelurahan Daya merupakan salah satu kawasan keramaian yang menjadi pusat niaga sekaligus pusat perekonomian; hiburan dan kawasan industri yang ke depannya bisa menjadi episentrum di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Semua masuk dalam wilayah Kelurahan Daya yang dipimpin Nuralam.

Kelurahan Daya  Kecamatan Biringkanaya daoat dijangkau sekitar 32 menit melalui jalur jalan perintis kemerdekaan dengan jarak 15  km dari pusat Kota Makassar dan lewat  jalur tol Ir. Sutami dengan jarak tempuh 25  menit dengan 15,8 km dari Kota Makassar. (*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Makassar Selengkapnya
Lihat Makassar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan