Mohon tunggu...
Imam Sofarudin Latif
Imam Sofarudin Latif Mohon Tunggu... Guru - Guru Multimedia SMKN 1 Kaligondang

saya memiliki hobi olahraga dan mencoba sesuatu yang baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Keaktifan Peserta Didik pada Mata Pelajaran Desain Media Interaktif di SMKN 1 Kaligondang

2 Desember 2022   17:12 Diperbarui: 2 Desember 2022   17:14 536
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Multimedia 1 SMKN 1 Kaligondang dengan mata pelajaran Desain Media Interaktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data digunakan melalui beberapa tahapan diantaranya pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena metode yang digunakan hanya ceramah dan monoton. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga memiliki peran penting dalam hasil belajar. Model pembelajaran project based learningn merupakan pendekatan saintifik dan terdiri dari beberapa tahapan, antara lain mengamati, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Melalui berbagai tahapan tersebut siswa dapat meningkatkan perannya dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Project Based Learning, Keaktifan siswa

 

Abstract

This study aims to describe and describe the increase in student activity using the project based learning model. This research is classified as a qualitative descriptive research. The subjects used in this study were students of class XII Multimedia 1 SMKN 1 Kaligondang with the subject of Interactive Media Design. Data collection techniques used are observation and interviews. While data analysis techniques are used through several stages including data collection, data presentation and drawing conclusions. In the learning process students tend to get bored and less interested in the learning process that takes place because the method used is only lectures and monotonous. Therefore this research was conducted so that students are more active in the learning process. The activeness of students in the learning process also has an important role in learning outcomes. The project based learning learning model is a scientific approach and consists of several stages, including observing, asking questions, gathering information, reasoning, and communicating. Through these various stages students can increase their role in the learning process.

Keywords: learning model; project based learning; student activity

 

PENDAHULUAN

Pendidikan memiliki artian yang cukup luas, tergantung melalui sudut pandang mana kita menilai suatu pendidikan. Di sisi lain pendidikan memiliki arti sebagai upaya untuk mencerdaskan bangsa. Selain itu pendidikan juga memiliki tujuan untuk melakukan peningkatan terhadap kualitas masyarakat di Indonesia. Dicatat dalam UU No. 20 Pasal 3 (2003) mengenai pendidikan yang diartikan sebagai peningkatan sekaligus perkembangan keahlian yang dimiliki peserta didik. Peningkatan yang terjadi dapat berupa semakin berilmu, semakin terasah keterampilan yang dimiliki, dibekali dengan sikap serta akhlak yang mulia, dapat berpikir kritis, dan lain-lain.

Setiap sekolahan baik Sekolah Kejuruan maupun sekolah umum merupakan suatu lembaga formal yang memiliki komponen-komponen pendidikan seperti guru, siswa, fasilitas belajar mengajar, media pembelajaran, mata pelajaran kurikulum dan sebagainya. Namun ada komponen yang berperan penting di suatu lembaga pendidikan yakni guru dan siswa. Guru dan siswa inilah yang menentukan keberhasilan tujuan belajar mengajar suatu lembaga pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun