Dikutip dari Casa Kreatif Media relations merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam dunia public relations atau PR. Kegiatan media relations merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, untuk membangun citra positif perusahaan dengan menjalin kerjasama yang baik dengan media.
    Media relations atau relasi media adalah suatu interaksi yang dibangun oleh perusahaan dengan media massa, wartawan, atau pers. Interaksi ini dilakukan untuk memberikan informasi mengenai perusahaan kepada masyarakat.
     Tahukah Anda, perusahaan yang menjalin hubungan dengan berbagai media, tentu akan memudahkan perusahaan dalam meningkatkan branding mereka dengan baik. Sebab media adalah sarana publikasi, dimana segala informasi tentang perusahaan disalurkan, sehingga informasi tersebut dikonsumsi oleh masyarakat.
    Dengan memanfaatkan media relations, citra positif perusahaan akan terbangun dan berita miring atau gosip yang terjadi di dalam perusahaan dapat terselesaikan dengan baik.
    Jika ingin lebih mengetahui peran media relations dalam meluruskan berita miring yang terjadi di perusahaan, Anda dapat mengunjungi ulasan kami tentang 3 peranan media relations dalam menangani krisis perusahaan.
    Untuk lebih jelasnya, berikut adalah peran media relations dalam meningkatkan branding perusahaan.
Peranan Media Relations untuk Meningkatkan Brand Awareness
    Seiring perkembangan teknologi, semakin memudahkan perusahaan untuk mengembangkan branding mereka dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, dengan adanya media berita online yang mengangkat opini-opini publik yang berkaitan dengan perusahaan yang disebar dengan hitungan detik melalui internet. Salah satu strategi perusahaan adalah mengirim artikel tentang perusahaan mereka ke media rilis untuk dipublikasi dengan tujuan branding dan semakin dikenal dan mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat luas.
Baca Juga:Â Bagaimana Mengirim Artikel ke Media Rilis?
    Media relations merupakan salah satu strategi perusahaan dalam meningkatkan branding perusahaan dengan bekerja sama dengan meliput dan memberitakan yang positif tentang perusahaan, sehingga dapat meningkatkan brand awareness perusahaan.
Peranan Media Relations dalam Meningkatkan Penjualan
    Peran ini tidak kalah penting karena media relations berperan penting dalam mencapai target pasar perusahaan. Dalam pemasaran diperlukan adanya komunikasi dua arah dengan perusahaan antar konsumen, sehingga dapat mendapatkan rasa percaya kepada perusahaan.
    Pemanfaatan kemajuan teknologi informasi yang digunakan oleh para praktisi PR saat ini menjadi salah satu strategi yang sangat penting dalam bisnis masa kini karena keberadaanya memudahkan memperkenalkan bisnis dan perusahaan kepada para klien baru. Strategi ini dapat dilakukan dengan mengangkat dalam artikel di sebuah media online, dan menyampaikan dalam konten-konten yang menarik. Praktisi public relation di masa kini harus berperan besar dalam menyampaikan informasi-informasi dengan penyampaian yang menarik dan jelas, sehingga dengan adanya kemajuan teknologi informasi, dapat meningkatkan penjualan pada perusahaan.
Itulah peranan media relations dalam meningkatkan branding perusahaan. Dengan bekerjasama yang baik dengan berbagai media, sangat membantu perusahaan besar maupun kecil dapat meningkatkan citra positif mereka.
Â
    Â
    Â
    Â
    Â