Mohon tunggu...
ilma nafia mubarok
ilma nafia mubarok Mohon Tunggu... Apoteker - I'am Pharmacist

Si Pengembara yang sedang mencari Hikmah Kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Jum'at Barokah

27 Desember 2018   10:23 Diperbarui: 27 Desember 2018   10:32 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pagi yang cerah, matahari yang menyinari  sebagian bumi ini menjadikan aku semangat beraktivitas seperti biasanya. Yaah, walaupun ini hari libur mingguan, tapi aku sama temenku, Asma mau ke Mantingan[1], niatnya sih  cuma beli benang rajutan sekalian makan bakso aja. Tapi ternyata eh teryata...

Dimulai dari perijinan, berhubung kami mahasantri yang serba ijin kalo mau pergi jarak dekat apalagi jarak jauh. Proses perijinan itu sebenarnya mudah, tapi gak tau kenapa  kitanya aja yang bikin ribet sendiri. Iyaga? Biasanya kalo jarak dekat bisa langsung ijin ke pak satpam aja sambil nyerahin bitoqoh[2] terus pak satpamnya ngasih kartu hijau, kalo jarak jauh karu orange. 

Masalahnya, bitoqoh aku ditahan di BAPAK!! [3] jadi tanpa bitoqoh aku  gak bisa keluar. Bukan  ditahan sih, tapi akunya aja ngolor-ngolor waktu ngambil bitoqoh gara-gara 1 bulan yang lalu aku abis ijin ikut kegiatan di luar kampus. Dan akibatnya berhubung aku telat ngambilnya, aku gak diijinin keluar !! nyesek banget sumpah. dan bitoqoh ku di tahan selama 1 minggu. 

Artinya, selama 1 minggu kedepan aku gaboleh keluar L. Oke fix aku gak keberatan toh keluar buat aku ngabisin duit hehe. Ternyata staff BAPAK ngijinin aku keluar tapi ke Kedu Miri[4], bukan ke Mantingan. Soalnya aku bilangnya mau ngambil "uang". Akhirnya aku jujur kalo ke mantingan ada sesuatu yang aku mau beli. Nego-nego dan akhirnya staff BAPAK ngijinin aku pergi ke Mantingan, TAPI bitoqoh aku ditahan sampe 2 minggu. Okeh tak masalah. Yang penting aku hari itu aku pergi ke Mantingan HAHA.

 Dan akhirnya kami keluar juga!! Naik angkot menuju Bank BRI, soalnya aku sama sekali udah gak punya uang jadi kudu nge-gesek dulu. Sampe di BRI, niatnya Cuma ATM aja TAPI, kami liat ada banner pokonyaa tulisannya itu suruh ganti ATM lama ke yang baru soalnya ATM lama ada pemblokiran, dengan syarat membawa KTP dan ATM yang lama. Asma bawa KTP  dan aku lupa bawa KTP gara-gara lupa naro, tapi bawa foto copy nya, "siapa tau bisa". 

Berhubung di ATM antri, kami berinisiatif buat masuk ke bank buat ganti ATM (pikiran kami cuma sebentar). Ternyata eh ternyata harus KTP ASLI!! Mampuslah aku. Kalo Asma bisa, soalnya dia bawa KTP asli. Sembari nungguin Asma yang lagi ngisi formulir. Aku duduk di ruang tunggu. Tiba-tiba ada ibu-ibu (>40) asli Mantingan yang ngajak ngobrol, beliau antusias banget pas tau kalo aku dari UNIDA dan entah kenapa langsung akrab aja. pokoknya ibunya aktif banget deh, aku sampe bingung mau berbuat apa, bisanya Cuma manggut- manggut bae. Beliau bercerita kalo beliau punya 2 anak, 1 perempuan sama 1 laki. 

Kalo yang perempuan  udah nikah kalo yang cowo lagi kuliah di Cairo, ngiler ey wkw. Beliau bercerita sambil nunjukin foto anak-anak nya di HPnya. Beliau tau kalo aku gabisa ganti ATM walaupun aku udah nego ke satpamnya supaya di usahakan, tapi tetep aja gak bisa. Dan akhirnya ibu ini masuk ke kantor BANK, entah apa yang beliau katakan. Pas beliau keluar tiba-tiba tanganku langsung ditarik, aku langsung dia ajak masuk ke kantor Kepala BANK ini. Aku bingung mau berbuat apa sedangkan aku gak bawa KTP. 

Aku sama Asma saling tatap. Mata Asma mengisyaratkan nyuruh aku ikuti ibu itu. Yaudah aku masuk. Kepala BANK nya Cuma nanya asal ku dari mana doang. Bim salabim ATM ku langsung di proses. Alhamdulillah. Malahan namaku langsung dipanggil di nomor antrian ditimbang yang udah yang dari tadi antri tapi belum kedapet panggilan. Asma pun yang lebih awal dariku kesalip sama aku. Ya Allah, ibu ini sungguh baik BANGET !!. yang gak diduga-duga  bakalan ganti ATM cuma karena gak bawa KTP asli, dengan adanya ibu ini ATM aku diperbaharui. MAKASIH BU!!

 Berhubung ATM aku duluan yang udah beres, jadi sambil nunggu ATM nya Asma, ibu ini kembali bercerita, ternyata beliau ini ponakan-ponakannya juga pernah mondok di Gontor, yah walupun anak-anaknya  mondok juga tapi enggak mondok di Gontor. Tapi hebat beliau ini dalam mendidik anak-anaknya aku SUKA. Didikannya loh ya.

 Gimana enggak hebat coba, kedua anaknya kuliah di tempat yang TOP lah. (Unibraw & Cairo) Subhanallah. Oiya pas aku ditarik buat kedalem kantor kepala Bank, beliau bilang pokonya kasian ke aku yang santri ijinnya susah jadi minta tolong suruh dipercepat dibikinin ATM yang baru, lagian takut ibun akunya ngirim uang kan susah buat ijinnya lagi, soalnya anak saya juga mondok pak. Gitu katanya haha.  

Pak satpam ngeliatin aku aja, heran kali sama tingkah laku kami pas aku nengok ke pak satpam, beliau senyumnya sinis banget. Serada takut juga  sih tapi bomat dah. Kami di bank hampir 1 setengah jam. Padahal gak ada niatan ke bank, tapi paling lama di bank. Aku bersyukur banget! Dengan ke bank, kami dipertemukan sama ibu yang baik hati ini.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun