Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Ngakak dan Getir, Rektor UI Jadi Bulan-bulanan di Twitter

21 Juli 2021   16:33 Diperbarui: 21 Juli 2021   16:42 583 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ngakak dan Getir, Rektor UI Jadi Bulan-bulanan di Twitter
Rektor UI Ari Kuncoro. Sumber foto: BRI dipublikasikan Kompas.com

Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro rangkap jabatan sebagai komisaris di Bank Rakyat Indonesia. Alih-alih rangkap jabatan itu dibereskan, pemerintah malah meng-ACC rangkap jabatan tersebut.

Presiden Jokowi merestui rangkap jabatan itu. Sampai kemudian muncul statuta UI baru yang memperbolehkan rangkap jabatan. Saya sebagai awam menilai memang janggal Rektor UI rangkap jabatan di BUMN, potensi konflik kepentingannya akan sangat kental.

Nah realitas Rektor UI ini disambut dunia maya. Rektor UI jadi trending di twitter. Yang juga menarik, warganet menjadikan Rektor UI sebagai bulan-bulanan.

Reaksi netizen memunculkan satire soal kuatnya Rektor UI. Rentetan cuitan di twitter juga bisa membuat tersenyum, ngakak, tapi juga dibarengi getir tentang realitas di Indonesia.

Sangat banyak sekali komentar lucu, brilian, tapi juga menyisakan getir bagi yang melihat realitas Indonesia saat ini. Akun @ridwanhr membuat cuitan,
"Rektor UI kalau nerobos lampu merah, aturannya langsung diubah, lampu ijo jadi berhenti, merah jadi jalan".

Akun @ainunnajib membuat cuitan yang nyentil juga. "Rektor UI ketemu nun mati. Salah baca tajwidnya, nun mati hidup lagi!"

Akun @budsan73 juga memberi cuitan. "Rektor UI naik pesawat salah jurusan. Pilotnya ganti halauan, penumpang lain dilempar ke laut".

Masih sangat banyak cuitan lucu tapi getir soal Rektor UI yang dinilai sebagai orang kuat. Ibaratnya, warganet menghabisi Rektor UI. Selain itu juga memberi cedera pada pemerintahan Jokowi.

Kalau menurut saya, batalkan saja rangkap jabatan itu. Itu adalah langkah yang bisa dilakukan pemerintah. Di tengah PPKM Darurat yang sebagian warga merasa kesulitan, drama tentang Rektor UI ini sangat pilu.

Negara ini bukan hanya dihadapkan pada kasus besar seperti Covid-19 yang nyata menyerang. Tapi kita jiga dihadapkan pada hal aneh yang memicu ketidakadilan dan kecemburuan, seperti cerita Rektor UI ini.

Sudahi saja Pak Jokowi. Suara netizen saya pikir representasi suara masyarakat secara umum. Sudahi saja Pak Jokowi, dalam artian hentikan rangkap jabatan itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x