Mohon tunggu...
Digital

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Dinamika Perubahan Sosial

15 Juli 2018   18:10 Diperbarui: 15 Juli 2018   18:15 0 0 0 Mohon Tunggu...

 Pembahasan

A. Definisi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

a. Definisi perkembangan

Perkembangan merupakan serangkaian perubahan progresif yang terjadi akibat dari proses kematangan dan pengalaman dan terdiri atas serangkaian perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Kemudian menurut Kasiram perkembangan adalah adanya pemunculan sifat-sifat yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

Dari definisi yang dikemukan para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan adalah rangkaian proses dengan adanya perubahan yang lebih maju dari hal-hal sebelumnya, yang memunculkan berbagai hal-hal yang baru yang tidak ditemui sebelumnya serta menyempurnakan atau memperbaiki apa yang sebelumnya tedapat didalamnya.

b. Definisi teknologi informasi dan komunikasi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu dampak dari perkembangan zaman yang kian harinya mengalami kemajuan yang pesat. Banyak hal yang melatarbelakangi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tesebut, salah satunya adalah adanya kebutuhan umat manusia yang semakin harinya dituntut untuk dapat menjalankan segala sesuatunya dengan lebih mudah dan efektif.

Pembahasan mengenai definisi teknologi informasi dan komunikasi tentu bersangkutan dengan definisi sistem dimana kata sistem memiliki arti kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. 

Dalam hal ini teknologi informasi dan komunikasi merupakan komponen yang saling berkaitan satu sama lainnya. Kemudian kata "teknologi" juga digunakan untuk merujuk sekumpulan teknik-teknik yang dipandang sebagai kegiatan yang membentuk atau mengubah kebudayaan. Terjadinya era globalisasi yang datang cukup pesat mengakibatkan sebuah perkembangan dalam bidang teknologi informasi maupun komunikasi. Kemudian dilihat dari perkembangannya teknologi informasi dan komunikasi memiliki berbagai definisi yang dikemukakan, yaitu antara lain adalah

1. Definisi teknologi informasi

Menurut Haaq dan Keen teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi, kemudian menurut kamus besar Oxford teknologi informasi merupakan studi atau peralatan elektronika terutama computer untuk menyimpan, menganalisis dan mendistribusikan berbagai informasi termasuk kata-kata, bilangan ataupun gambar. Terdapat beberapa fungsi dari teknologi Informasi yaitu:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9