Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Kebetulan pernah dinominasikan pada ajang Kompasiana Award 2019 Kategori Best in Citizen Journalism | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Menilik Binomo dan "Si Trader" Budi Setiawan yang Jadi Bahan Gunjingan

18 November 2019   08:33 Diperbarui: 18 November 2019   13:40 12053 17 4 Mohon Tunggu...
Menilik Binomo dan "Si Trader" Budi Setiawan yang Jadi Bahan Gunjingan
Sosok Budi Setiawan. - Tribun News

"Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka akan mendapatkan banyak uang di hari Senin jika tidak lagi mager."

Baik, kalimat itu terlalu utopis. Bagaimana kalau saya ganti dengan jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan 1000 USD sehari tanpa meninggalkan rumah. Pasti, hampir semua pengguna internet -- terutama yang sering membuka YouTube akan paham. Dan tentunya terpingkal.

Apa pasal?
Sesosok manusia muncul dengan dandanan unik, begitu santai melakukan presentasi sembari berjalan di halaman rumah yang mewah. Menjual kebahagiaan, kekayaan, dan kesuksesan dengan duduk manis di depan internet hanya dengan beberapa jam saja. Tertawa riang seakan kami -- para pekerja yang sudah membanting tulang berjam-jam -- mustahil mendapatkan itu semua.

Dialah "Budi Setiawan", seseorang yang ada di dalam iklan tersebut digambarkan sebagai sosok yang sempurna dengan sedikit usaha. Sebuah gambaran yang dirasa akan menarik sebagian besar orang di Indonesia melakukan hal yang sama dengannya. Trading.

Sayangnya, bukan mendapat apresiasi, sebagian besar netizen justru menyerang sosok Budi Setiawan. Mulai dari gaya penampilan rambut yang aneh hingga sosok palsu di baliknya yang ternyata bukan seorang trader.

Berbagai meme dan candaan lain pun mengalir di linimasa seekspansif iklan Binomo -- merk yang diiklankan Budi Setiawan. Hingga beberapa media berhasil mencari tahu sosok tersebut yang sebenarnya adalah seorang penggebuk drum.

Jualan Kesuksesan yang Tidak Laku?
Apa yang dialami oleh sosok 'Budi Setiawan' adalah sebuah gambaran bahwa masyarakat kita sudah mulai kritis dengan sesatu hal, terutama iklan yang menjual kesuksesan. Terlebih, jika kesuksesan tersebut dianggap kesuksesan semu dan malah berisiko terhadap kehidupan mereka.

Melakukan trading memang menggiurkan. Dan sekarang memang kegiatan ini sedang memiliki tren lantaran kemudahan akses dan berbagai tawaran cashback ataupun keuntungan lain.

Binomo memang pintar dengan iklan yang mencoba mendekati anak-anak muda untuk melakkan trading. Sosok Budi Setiawan digambarkan sebagai sosok yang telah sukses meski di usia muda.

Pun, dalam beberapa kesempatan, pada beranda Facebook saya muncul iklan Binomo dengan anjuran mengambil uang orang tua dan mulai melakukan trading di Binomo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x