Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis. Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Mau Buka Rekening dari Dua Kota Berbeda? Dibikin Simpel Aja di Bank BCA

22 Oktober 2019   09:31 Diperbarui: 22 Oktober 2019   09:34 0 1 0 Mohon Tunggu...
Mau Buka Rekening dari Dua Kota Berbeda? Dibikin Simpel Aja di Bank BCA
Ilustrasi. - Dokpri

Pada momen bazar buku besar-besaran yang diadakan di Kota Jogja, saya hanya bisa gigit jari.

Pasalnya, saya belum memiliki tabungan BCA. Padahal, saat itu banyak sekali diskon besar-besaran yang menggunakan kartu debit BCA. Pada titik ini, saya cukup menyesal belum membuka tabungan di Bank BCA.

Rasa penyesalan saya semakin bertambah ketika saya menerima job membuat konten dengan menyaratkan adanya rekening tabungan BCA sebagai alat pembayaran. Berhubung saya belum punya, makanya sang PIC -- koordinator blogger --  memangkas pembayaran artikel yang saya tulis dengan biaya administrasi antar bank. 

Waduh, lama-kelamaan saya bisa rugi bandar dong. Terlebih, hampir semua transaksi di dunia blogger saat ini telah menggunakan BCA yang dikenal memiliki keunggulan fasilitasnya.

Namun, saat itu saya sedang berada di perbatasan Sleman dan Magelang. Sementara, KTP saya berdomisili di Kota  Malang. Tempat tinggal sekaligus usaha bimbel saya juga terletak di kaki Gunung Merapi dan jauh dari pusat keramaian. 

Bagaimana bisa saya membuka tabungan bank mengingat saya harus bekerja dan baru bisa turun ke kota Kecamatan Tempel di kala libur panjang. Hari Minggu bank kan tutup.

Rupanya, saya salah besar. Di Bank BCA, buka tabungan bisa di mana saja tanggal merah sekalipun. Bisa dilakukan saat sore atau malam. Makanya, saya langsung bergegas mencari tahu informasi selengkapnya. Ternyata memang benar. Saya bisa buka tabungan di BCA mobile di tempat saya berada dan selanjutnya mengambil buku tabungan dan kartu paspor fisiknya di Kota Malang. Ah, asyik.

Saya segera mengunduh aplikasi BCA Mobile dan menyiapkan segala bukti fisik seperti KTP, NPWP, dan tanda tangan. Mula-mula, saya memilih menu pembukaan rekening baru. Oh ya, saat pembukaan rekening ini, ada kode akses yang harus dibuat yang merupakan kombinasi dari angka dan huruf.

Kode akses ini nantinya digunakan sebagai password saat kita keluar dan masuk ke aplikasi kembali untuk meneruskan proses pendaftaran. Jika pada proses pendaftaran kita belum merampungkan tahapan yang ada, kita tak perlu mengulangi dari awal. 

Kalau sewaktu-waktu saya ada pekerjaan mendadak saat pembukaan rekening masih berlangsung, saya bisa menjedanya. Jadi, saya tak perlu risau. Kode akses ini juga akan digunakan terus untuk mengakses BCA mobile.

Di aplikasi BCA Mobile, ada beberapa pilihan jenis tabungan yang tersedia. Saya lebih memilih Tahapan BCA saja layaknya kebanyakan rekan-rekan saya. Setelah itu, segala data diri yang saya miliki saya masukkan ke formulir pembukaan rekening.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3