Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Tutor - Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Memagari Jawa dari Jalur Pedestriannya

23 Januari 2019   10:02 Diperbarui: 23 Januari 2019   14:58 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jalan Besar Ijen, ikon pedestrian Kota Malang. - Dokpri.

Apa yang membuat saya tertarik mengunjungi sebuah kota, terutama kota-kota di Pulau Jawa?

Jawaban pertama adalah jalur pedestriannya. Jalur khusus bagi pejalan kaki itulah yang akan saya jadikan acuan sebuah kota layak dikunjungi atau tidak. Sebagai pelancong yang memiliki sedikit dana untuk jalan-jalan, berjalan kaki adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau tempat-tempat wisata yang saya tuju.

Sayangnya, kota-kota di Jawa ternyata tak semuanya memiliki jalur pedestrian yang baik dan ramah. Kalaupun ada, saya hanya menemukan jalur pedestrian yang bisa dikatakan layak di sekitar pusat pemerintahan. Alun-alun, kantor bupati/wali kota, dan kompleks militer. 

Selebihnya, saya harus memilih menggunakan ojek daring untuk menjangkau tempat-tempat yang saya tuju mengingat bahaya yang mengancam. Terlebih, saat saya menjangkau sentra ekonomi perkotaan, jalur pedestrian adalah hal mewah. Di sepanjang daerah itu, kehadiran Pedagang Kaki Lima di sepanjang trotoar adalah rapor merah yang saya berikan mengenai kota tersebut.

Bermula dari Jakarta, kota sekaligus provinsi yang pedestriannya sering digunakan sebagai komoditas politik, saya mengawali penjelajahan. Beberapa kali mengunjungi Jakarta, saya memang menemukan perubahan yang lebih baik dalam penataannya. Jalur pedestrian di jalan-jalan protokol tampak menawan dengan beberapa hiasan pernak-pernik Asian Games 2018.

Sayang, Jakarta juga masih menyisakan ruang gelap bagi para pejakan kaki, terutama trotoar yang berada di persimpangan jalan. Seperti, yang saya dapat ketika ingin melihat Patung Pancoran dari dekat. 

Di persimpangan Jalan Gatot Subroto dan Jalan Prof. Dr. Soepomo, trotor nyaman yang saya dapat ketika melintas di depan Graha Mustika Ratu tiba-tiba saja lenyap. Beralih kepada jalan semen dengan lubang yang cukup besar. Jarak antara pengendara kendaraan dan pejalan kaki tiba-tiba saja semakin sempit. Saya pun takut untuk meneruskan perjalanan dan berputar balik untuk memesan moda transportasi favorit saya, ojek daring.

Masih banyak trotoar di Jakarta yang butuh pembenahan. - Dokpri
Masih banyak trotoar di Jakarta yang butuh pembenahan. - Dokpri
Beralih ke Bandung, kota ini memang cukup niat dalam menata jalur pedestriannya. Sang Mantan Wali Kota, Kang Emil memang dikenal sebagai sosok yang benar-benar all out dalam menata kotanya. Taman-taman kota yang terintegrasi dengan jalur pedestrian benar-benar dimaksimalkan. 

Walau masih ada beberapa bagian yang menyisakan beberapa ruang gelap bagi pejalan kaki, Bandung masih menjadi jawara di hati saya. Teras Cihampelas menjadi salah satu karya besar dalam sejarah pedestrian di Indonesia. Saat para pejalan kaki dijadikan raja yang memiliki kuasa di jalan. Bukan kaum pinggiran yang semakin tersisihkan.

Bandung memang juara masalah pedestrian, namun bukan berarti tak butuh sentuhan lagi. - Dokpri
Bandung memang juara masalah pedestrian, namun bukan berarti tak butuh sentuhan lagi. - Dokpri
Kaum yang tak mendapat haknya dengan nyaman seperti yang saya dapat di Cirebon. Ya, kota ini bagi saya adalah kota yang paling tidak ramah bagi pejalan kaki. Tak banyak jalur pedestrian yang bisa saya manfaatkan di kota udang ini. Bahkan, di sekitar Alun-alun Kejaksan, saya malah hampir terserempet motor ketika akan makan malam di sebuah warung Nasi Jamblang.

Tak sekedar sempit, banyak trotoar yang diselimuti para PKL, ojek daring, dan beberapa tukang becak. Belum lagi kondisi Kota Cirebon yang panas dan berangin membuat berjalan kaki adalah kegiatan yang cukup mustahil dilakukan di kota ini. Untunglah, dari beberapa media daring, usaha untuk menata jalur pedestrian di Kota Cirebon mulai digalakkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun