Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis. Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Tak Sekedar Transit di Wonokromo

6 Desember 2018   08:52 Diperbarui: 6 Desember 2018   23:49 0 12 12 Mohon Tunggu...
Tak Sekedar Transit di Wonokromo
Stasiun Wonokromo. - Dokpri

Dengan bujet minim, menaiki KA Logawa adalah cara paling masuk akal untuk tetap waras dalam melakukan perjalanan Malang-Yogyakarta PP.

Sebenarnya, ada KA Malioboro Ekspress yang melayani perjalanan langsung dari Malang menuju Yogyakarta dan sebaliknya. KA ini pun juga berangkat dua kali sehari. Sayang, harga tiket yang tak ramah di kantong membuat saya jarang sekali menggunakannya. Harga termurah untuk kelas ekonomi Non-PSO paling tidak 150 ribu rupiah. Kalau apes, ya bisa mencapai 175 ribu rupiah.

Jangan tanyakan berapa harga kelas ekskekutif. Kantong saya sudah tak berkenan lagi menjawab pertanyaan itu. Maka, KA Logawa adalah pilihan utama saya jika akan pulang ke Malang atau berangkat kembali ke Yogyakarta. Harga tiketnya cuma 70 ribu rupiah. Dengan harga tiket itu, saya bisa berhemat banyak walaupun harus menambah ekstra 12 ribu untuk membeli tiket KA Penataran tujuan Malang.

Untuk naik KA Logawa, saya harus transit dahulu di stasiun yang disinggahinya. Ada  empat stasiun besar yang disinggahi kereta api ini, yakni Surabaya Gubeng, Wonokromo, Sidoarjo, dan Bangil. Diantara keempat stasiun itu, Stasiun Wonokromo adalah pilihan saya sejak dahulu kala. Alasan utamanya, jadwal berangkat dari dan menuju Yogyakarta di stasiun ini paling pas jika menyambung dengan KA Penataran. 

Dari Malang, saya bisa naik KA Penataran pagi dan tiba di stasiun ini sekitar pukul setengah 10 siang. KA Logawa baru akan tiba pukul 11 siang. Dari Yogyakarta, KA Logawa sampai di Wonokromo sekitar pukul 3 sore. Perjalanan saya berlanjut dengan KA Penataran sore yang berangkat pukul setengah 6 petang.

Waktu cukup panjang tersebut saya gunakan untuk melipir ke Darmo Trade Center (DTC) yang berada tepat di seberang stasiun ini. Sekedar cuci mata, makan, berbelanja produk kosmetik yang murah, hingga pijat refleksi sering saya lakukan untuk membunuh waktu. Biasanya, saking bahagianya menunggu waktu transit, tiba-tiba saja jadwal kedatangan kereta sudah di depan mata.

Pijat refleksi di DTC Wonokromo. Dokpri
Pijat refleksi di DTC Wonokromo. Dokpri
Stasiun ini termasuk stasiun kelas besar dan bukan merupakan stasiun terminus satu pun rangkaian kereta. Walau begitu, lebih banyak penumpang yang memilih turun di stasiun ini jika menuju Surabaya.

Selain dekat dengan pusat perbelanjaan DTC, pintu masuk dan keluar stasiun ini juga cukup simpel, tak seambigu Stasiun Surabaya Gubeng. Aneka transportasi umum pun bisa dijangkau tepat di depan stasiun. Letak stasiun juga dekat dengan pusat ekonomi Surabaya, yakni Jalan Raya Darmo. 

Penglaju Malang-Surabaya yang menggunakan KA Penataran ataupun Tumapel juga kebanyakan turun di stasiun ini. Demikian pula penglaju dari kota lain seperti Sidoarjo, Lamongan, dan Bojonegoro yang naik KRD Bojonegoro atau KRD Supor/Delta Ekspres. Kadang, rombongan TK dari Malang menyewa satu kereta dan turun di sini sebelum menuju Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Kalau sedang apes ya dapat tiket berdiri KA Penataran. Lumayan, dua jam setengah. Dokpri
Kalau sedang apes ya dapat tiket berdiri KA Penataran. Lumayan, dua jam setengah. Dokpri
Stasiun ini juga memiliki peron yang cukup panjang. Dan, tak banyak tenant penjual makanan, minuman, atau oleh-oleh di dalamnya. Jadi, kursi penumpang untuk menunggu kereta cukup banyak.

Penumpang kereta, yang rata-rata berasal dari kalangan menengah ke bawah di stasiun ini saya rasakan berbeda dengan stasiun lain. Mereka lebih peka untuk berbagi tempat duduk dengan penumpang lain yang belum kebagian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2