Mohon tunggu...
Ichwanul Farissa
Ichwanul Farissa Mohon Tunggu... Ilmuwan - Sparkling And Fighting Spirit

"*Dengan Membaca Kamu Mengenal Dunia, Dengan Menulis Kamu Dikenal Dunia"*

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Internet dan IndiHome, Dua Sisi Mata Uang yang Tak Dapat Dipisahkan

4 Juli 2022   13:06 Diperbarui: 4 Juli 2022   13:18 146 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Image: https://mamanesia.com/ 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman modern ini sudah sedemikian pesatnya ya teman-teman Kompasianer! Kehidupan  manusia pun seolah tidak bisa lepas tanpa keduanya. Tidak terkecuali soal internet danyang ternyata perkembangannya begitu pesat dalam kurun waktu 10 tahun  terakhir ini saja.

Pertumbuhan atau perkembangan pengguna internet di dunia ternyata menarik  lho untuk dicermati!

Perkiraan NUA Internet Survey memperlihatkan di mana jumlah  user (pengguna) pada Februari 1999 mencapai  153,5 juta, sementara  pada awal 2000 berada pada angka 248,6 juta pengguna. Artinya, pada waktu itu terjadi pertumbuhan sebanyak 95,1 juta pengguna baru. Sebulan kemudian bertambah menjadi 275,54 juta user.

NUA Internet Survey adalah sumber online yang menyediakan data, demografi dan analisis tentang tren internet global.

Kemudian saat ini, meski merupakan waktu krisis yang berat bagi dunia dan Indonesia  karena Pandemi Covid-19, pertumbuhan pengguna internet justru sangat mengagumkan.

Menurut databoks.katadata.co.id:

  • Terdapat 4,95 miliar pengguna internet pada Januari 2022. Jumlah ini meningkat 4 % dari 4,76 miliar pada Januari 2021.
  • Terdapat 204,7 juta pengguna internet di tanah air per Januari 2022. Jumlah ini naik tipis 1,03 % dibandingkan tahun sebelumnya. Pada Januari 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat sebanyak 202,6 juta.  

Wow, setelah melihat data perkembangan intenet, ternyata memang luar biasa. Hanya dalam beberapa dekade pertumbuhannya melesat cepat dan mulai merambah ke segala bidang mulai dari ekonomi, sosia-budaya, politik, pendidikan, lingkungan hingga entertainment.

Menurut berbagai literatur yang saya baca, tahukah kamu misi awal dari internet sebenarnya adalah menyediakan sarana bagi para peneliti untuk mengakses data dari sejumlah sumber daya perangkat keras Komputer. Namun pada saat ini, internet telah tumbuh dan berkembang menjadi ajang/media informasi dan komunikasi yang tidak dapat diabaikan.  

Apa sih Sebenarnya Internet Itu?

Tahukah kamu jika Internet  itu adalah singkatan dari Interconnection Network. Secara harfiah berarti hubungan antar jaringan Komputer (network). Network sendiri diartikan suatu sistem komunikasi data antar komputer.

Jika dilihat secara harfiah tersebut, dapat disimpulkan bahwa internet adalah sebuah jaringan yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menghubungkan perangkat computer dari berbagai wilayah, areal atau lokasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan