Mohon tunggu...
Ikhsan Maulana Yusuf
Ikhsan Maulana Yusuf Mohon Tunggu... Pembelajar, Mahasiswa biasa. Mahasiswa UM Purwokerto

Hidup adalah tentang awal, mengawalinya dengan tulisan, menulis dulu saja.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Serunya Belajar Sambil Eksplorasi Wisata

26 Maret 2020   14:49 Diperbarui: 26 Maret 2020   15:10 65 0 0 Mohon Tunggu...

Sebagian orang tentu sudah mengetahui pesona yang ada di Malang dan Bali. Untuk itu, bersyukurlah orang-orang yang sudah pernah mengunjungi tempat tersebut. 

Dan kami termasuk pada sebagian orang itu, karena mendapat kesempatan untuk berwisata ke sana. Mencari ilmu dan pengalaman baru, dengan mengunjungi ke beberapa tempat pendidikan, cagar budaya, rutinitas keagamaan, serta ragam tempat wisatanya. Sungguh, Indonesia merupakan bangsa yang luas juga berseri.

Sebetulnya, kegiatan yang dikhususkan adalah ikhtiar mengulik wawasan ilmu pengetahuan dan pengalaman baru serta belajar merawat-melatih pengabdian diri dengan melangsungkan kegiatan belajar mengajar ke beberapa Sekolah Dasar di Denpasar dan mengikuti seminar di UM Malang. Yang bertujuan agar bisa meneruskan semangat perjuangan menjadi warga negara yang menjaga bangsa melalui pendidikan dasar. Namun di selingi dengan berkunjung ke objek wisata yang terpopuler.

Tempat yang kami sambangi ketika di Malang yaitu beberapa instansi pendidikan, dan Museum Angkut. Kami lebih banyak berkunjung ke tempat yang ada di Bali yaitu Museum Bajra Sandhi, Bedugul, Desa Penglipuran, Pantai Kute, Pantai Pandawa, Pantai Sanur, Pertunjukan Barong, Puja Mandala, Pusat oleh-oleh, dan ditutup dengan bersunset ria di Jimbaran.

dokpri
dokpri
Malang

Malang, tapi kenapa kota ini dinamakan Malang, yang kedengarannya berkonotasi sial? Ternyata dalam sejarahnya ada kaitannya dengan semboyan "Malang Nominor Sursum Moveor" yang berarti "Malang Namaku, Maju Tujuanku". Itu menjadi benteng penggagas kota Malang untuk selalu memajukan kesejahteraan bagi umatnya. 

Karena benar dibalik nama ada setumpuk do'a yang tertanam. Kami merasa diberi stimulan semangat ketika berkunjung ke beberapa tempat pendidikan seperti instansi Universitas, Laboratorium Sekolah Dasar dan wisata di kota Malang. Karenanya, kota ini patut dijuluki sebagai kota pendidikan, destinasi wisata, dan industri jasa. 

Terkenal sebagai kota pendidikan, kota ini memiliki beberapa perguruan tinggi terbaik dimulai dari universitas negeri maupun swasta. Tidak hanya mengandalkan wisata alamnya saja, Kota Malang juga memiliki wisata museum yang menarik, salah satunya Museum Angkut tepatnya berada di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, kurang lebih 20 km dari Kota Malang. Di Museum Angkut terdapat koleksi kendaraan dari berbagai belahan dunia mulai dari jaman kuno sampai modern. Yang dibagi pada tiap-tiap zona dan menyesuaikan jenis kendaraannya dengan menggunakan konsep lingkungan. Maka museum ini seakan-akan menyerupai negara kendaraan berasal, dengan begitu pengunjung betul-betul menikmati suasana keliling dunia.

Bali

Di Bali, kami lebih lama bermukim di ibu kotanya yaitu Denpasar. Bali adalah provinsi yang sangat sederhana juga mandiri, terbayang letaknya berada di gugusan Kepulauan Nusa Tenggara sana, terkenal disebut Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Namun ada satu alasan yang membuat kota Bali menjadi besar yaitu kecintaanya terhadap seni dan budayanya. Kita patut bangga karena Indonesia mempunyai pusat kesenian dan budaya yaitu di Bali.

Asal-usul nama Bali

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN